SULAWESI SELATAN

Dr Ilham Kadir Beri Kuliah Umum di STIBA Arraayah Sukabumi,  Materinya Membahas Tentang Zakat


ENREKANG, UPEKS.co.id — Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang menyampaikan kuliah umum atau studium generale di hadapan ratusan mahasiswa STIBA Arraayah Sukabumi.

 

Acara berlangsung bakda Asar sampai selesai di Masjid Arraayah, kemarin.

 

“Sengaja kami pilih masjid sebagai tempat menyampaikan kuliah umum karena tidak ada ruang yang memadai untuk menampung seluruh mahasiwa dan mahasiswi kecuali di masjid. Selain keberkahan masjid tentunya,” kata Mudir Arrayah, KH Syirojul Huda.

 

Ada pun materi yang disampaikan adalah “Peran Zakat dalam Pembiayaan Pendidikan Kader Ulama”.  Menurut Dr Ilham Kadir. Alasan mengangkat tema karena sangat aktual untuk terus dibahas.

 

“Kampanya zakat harus terus digaungkan mulai dari pelosok desa hingga ke dunia kampus. Agar mereka sadar terkait kewajiban zakat. Khusus untuk para calon ulama, ke depan diharapkan menjadi corong dalam menegakkan rukun Islam yang ketiga ini.” Kata Dr Ilham Kadir.

Hosting Unlimited Indonesia

 

Selain itu, mahasiswa harys tahu bahwa di Indonesia ada lembaga pemerintah yang bertugas khusus dalam mengumpul dan mendistribusikan zakat yang kita kenal dengan sebutan Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas.

 

“Baznas ada di setiap Kabupaten, Kota, dan Propinsi. Dan para penuntut ilmu, terutama calon Da’i dan Ulama berhak mendapatkan dana zakat yang berasal dari Asnaf ‘Fisabilillah’ tanpa melihat status ekonomi.” Jelas penulis novel “Negeriku di Atas Awan” ini.

 

Selain itu, motif untuk memberikan kuliah umum atau studium generale adalah untuk memberikan informasi terkait isu-isu kekinian yang dianggap urgen. Seperti zakat, sebab zakat adalah bagian dari pengembanan ekonomi umat.Nampak para Mahasiswa sangat antusias dalam menyimak materi yang dibawakan oleh Dr Ilham Kadir yang merupakan salah satu pakar dan praktisi zakat tingkat nasional. Ini ditandai dengan beberapa karya tulisnya dengan tema zakat, yang terbaru adalah “Panduan Praktis Berzakat”.(Sry)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top