SULAWESI SELATAN

BPBD Bantaeng Rakor Penanggulangan Bencana 


BANTAENG, UPEKS.co.id–Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD)Kabupaten Bantaeng menggelar Rapat koordinasi(Rakor)Penyelenggaraan Penanggulangan bencana,yang diikuti oleh camat, lurah, kepala desa, instansi terkait dan organisasi relawan. Rakor penanggulangan bencana ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Kamis (28/3/19).

Dalam sambutannya wakil Bupati Bantaeng Sahabuddin mengatakan,bahwa kondisi geografis Kabupaten Bantaeng yang memiliki alam tiga dimensi yakni,laut,daratan dan pegunungan.Kemudian,sebagai dari salah satu daerah di Propinsi Sulawesi Selatan yang memiliki indeks risiko bencana pada kategori tinggi dan memiliki kerawanan bencana, baik bencana yang disebabkan oleh faktor alam,non alam dan juga oleh ulah manusia,jelas dia.

“Bagi Pemerintah Kabupaten Bantaeng,keseriusan untuk menangani persoalan bencana dimaksud. diantaranya dengan ditetapkannya peraturan daerah Kabupaten Bantaeng Nomor 4 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana,disamping itu akan diterbitkan pula berbagai peraturan bupati sebagaimana turunan dari peraturan tersebut,Kami berharap peraturan ini,harus benar-benar dijadikan pedoman dalam membangun sistem penanggulangan bencana yang tepat di daerah ini”, tuturnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Kemudian,karena rakor ini merupakan upaya Mitigasi bencana dalam menghadapi musim penghujan dan antisipasi bencana banjir,kita tentu berharap akan dihasilkan rumusan-rumusan terbaik dan terwujudnya perencanaan yang matang serta mengatasi permasalahan-Permasalahan sehingga dapat mengurangi tingkat risiko suatu bencana dan terjalinnya hubungan dan sinergi antara pemangku kepentingan maupun masyarakat dan relawan penanggulangan bencana untuk kesiapsiagaan ketangguhan dalam bingkai kebersamaan dalam menghadapi bencana,tambahnya.

“Melalui Rakor ini,Kami berharap kepada peserta dapat berbagi pengalaman,dan berjalannya sistim penanggulangan bencana dan penyelenggaraannya dan juga adanya komitmen,dukungan dan perhatian dari semua pihak dalam upaya penanggulangan bencana untuk terus berjuang demi kemanusiaan khususnya di Kabupaten Bantaeng”, tutupnya.

Sementara itu,Kepala pelaksana BPBD Bantaeng Muslimin Menandaskan,bahwa adapun tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan ini adalah agar peserta dapat memahami kesiapsiagaan dan pencegahan musibah dan bencana.Selain itu, juga untuk memberikan pemahaman kepada peserta bagaimana mengurangi resiko kerugian yang terjadi akibat bencana dan membangun sinergitas dengan instansi dan lembaga terkait.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Bantaeng H.Sahabuddin yang mewakili Bupati Bantaeng dan sekaligus membuka rakor tersebut.

Turut hadir Kepala Pelaksana BPBD Bantaeng Drs.Muslimin M,M.Si,Ir. Amri Kamaya,MM Kepala UPT KPH Jeneberang II Dinas Kehutanan Provinsi SulSel ,Dra.Hj Sri Murniati kepala sub bidang Manajemen data BMKG Sulsel,Kasubag program BPBD Bantaeng Asrul Wahidin Nur,SE dan Kabid kedaruratan dan Logistik BPBD Bantaeng Muh Rusli, SE, MM Serta Imran,SE selaku ketua panitia pelaksana kegiatan tersebut.(IPA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top