ANEKA

Pemkab Pangkep Programkan Bayi Lahir Langsung Punya Akta


PANGKEP,UPEKS.co.id — Pemerintah kabupaten Pangkep programkan bayi lahir langsung punya akta. Program ini dijalankan  dinas kesehatan dan dinas  kependudukan dan pencatatan sipil Pangkep.

Kepala bidang kesehatan masyarakat, dinas kesehatan Pangkep, dokter Herlina menjelaskan, program itu namanya gerakan lahir bersama akta(Gelar bersamata).
Dijelaskannya, program ini lahir berawal dari perbedaan data dsidukcapil dengan data kelahiran dinkes. “Dari sana, muncul program ini. Kemudian dua dinas  sepakat dengan program ini,”ujarnya, Rabu(27/2/19).

Hosting Unlimited Indonesia

Lebih lanjut disampaikanm manfaat program ini. Manfaatnya untuk masyarakat, tidak perlu repot urus akta jelang anak sekolah. Sebab sejak lahir sudah punya  akta. Kemudian manfaat untuk Pemkab adalah mendapat data kependudukan yang lebih akurat.

Sementara itu kepala disdukcapil , Mustari menjelaskan, program ini dalam rangka pelayanan akta kelahiran anak yang baru lahir.

“Jadi, anak yang lahir diupayakan sudah punya akta sebelum keluar dari puskesmas atau RSUD. Pihak puskesmas atau RSUD yang berperan aktif mengambil  berkas dan membawa ke capil. Kemudian kami yang mengantar kembali ke yang bersangkutan”ujarnya.

Lanjutnya, program ini mempercepat cakupan akta kelahiran umur nol sampai 17 tahun. Sebab, itu adalah hak kependudukan.(Sah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top