SULAWESI SELATAN

Motor Racing Meriahkan Lomba Safety Riding

WAJO, UPEKS.co.id — Lomba Safety Riding dan Driving Generasi Milenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang yang diselenggarakan Sat Lantas Polres Wajo di Lapangan Merdeka, Sengkang, Kabupaten Wajo, banyak menuai pro dan kontra.

Pasalnya, dalam lomba ini, beberapa peserta menggunakan knalpot racing, bukan sesuai standar pabrik. Padahal dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas telah mengatur jenis-jenis pelanggaran lalu lintas.Beberapa pasal diantaranya, pasal 280 yang mengatur terkait pengendara bermotor yang tak dipasangi tanda nomor kendaraan dikenakan pidana kurungan 2 bulan atau denda paling banyak Rp500.000, dan pasal 285 ayat 1 mengatur persyaratan teknis seperti penggunaan spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan dan knalpot, apabila tak sesuai standar bisa dikenakan kurungan 1 bulan atau denda paling banyak Rp250.000.

Salah seorang warga yang menyaksikan lomba tersebut, Is (25) mengatakan lomba yang digelar Sat Lantas Wajo ini sangat bagus. Hanya saja, kata dia, para peserta menggunakan knalpot racing, bukan knalpot standar.

Hosting Unlimited Indonesia

Bahkan, beberapa peserta juga tidak memasang plat nomor kendaraannya.

“Ini kan lomba Safety Riding dan Driving Generasi Milenial Cinta Lalu Lintas, tapi kenapa seperti tidak mencintai lalu lintas,” tuturnya.

“Apalagi knalpot racing kan mengganggu kenyamanan, kenapa malah dibiarkan begitu saja untuk ikut lomba. Nanti anak milenial malah akan berpikir ‘Tidak apa-apaji dong nanti knalpotku racing, karena kami (milenial) dirangkul semua sama Sat Lantas’,” tambahnya.

Sementara Kasat Lantas Wajo, AKP Muh Yusuf saat dikonfirmasi mengatakan giat milenial road safety festival ini dibuat untuk membentuk masyarakat tertib lalu lintas sehingga terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

“Itulah sebabnya kita giatkan safety riding dan driving di sekolah-sekolah, kita juga punya gerakan bersama yang disosialisasikan,” katanya.

Terkait soal knalpot racing, kata dia, pelanggaran yang perlu ditindak baik dari milenial maupun yang lain.

“Siapa saja kalau melanggar tetap harus ditindak, apalagi pelanggaran komponen seperti tidak ada kaca spion, lampu, tidak ada plat, dan knalpot racing termasukmilenial,” pungkasnya.

Diketahui, pada giat tersebut, Sat Lantas Polres Wajo menggelar lomba zig-zag yang diikuti para Bikers yang ada di Kabupaten Wajo. (Amin Rais)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top