ANEKA

Menunggak, PLN Cabang Makale Segel Listrik Pasar Seni Tana Toraja

TANA TORAJA,UPEKS.co.id—Cukup Menyedihkan, sejak Senin malam (04/02/2019) Pasar Seni Tana Toraja  yang selama ini terang benderang dan ramai dikunjungi berubah gelap dan sepi. Hingga, Minggu (10/02/2019) Pasar Seni itu tetap saja belum beroperasi

Wartawan Upeks yang mencoba menelusuri area tersebut, Sabtu malam (9/2) tak sempat menikmati minuman  Kedai Kopi Jantan di Pasar Seni yang cukup terkenal itu. Pasalnya areanya masih gelap.

Pengelola kafe Kopi Jantan, pak Jantan yang dihubunggi lewat ponselnya mengatakan, pihaknya sangat kecewa  pada pemerintah khususnya Dinas Pariwisata selaku pengelola Pasar Seni. Pasalnya Lampu Gedung Pasar Seni  Disegel PLN Cabang Makale.

”Informasi yang berkembang, PLN menyegel, karena terdapat tunggakan rekening listrik belum sempat  diselesaikan pihak Dinas Pariwisata,” kata Jantan.

Kadis Pariwisata melalui Kabid Promosi, Giovannigivan mengatakan, pihaknya belum mengetahui
, jika jaringan listrik di Pasar Seni dicabut PLN sejak beberapa hari lalu.

Sejumlah pedagang yang menempati gedung Pasar Seni yang ditemui Upeks mengatakan, pihaknya rugi besar  karena sudah empat malam listrik padam karena omzet hilang. Banyak pelanggan yang datang dari luar Tana  Toraja juga mengaku kecewa.

”Pendatang itu umumnya ingin menikmati dan membeli produk daerah Toraja dan membawa pulang sebagai ole-  ole buat kerabat/keluarga. Namun harapan tak terwujud karena Pasar Seni gelap dan tututp. Kerugian selama enam malam ditaksir mencapai Rp3 juta,” ungkap Jantan.

Seperti diketahui, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdulla menjadikan Toraja Kemilau mengantikan Lovely Desember yang digagas semasa pemerintahan Syahrul Yasin Limpo.

Kabupaten Tana Toraja merupakan Daerah Tujuan Wisata mancanegara maupun dalam negeri. Keindahan Alam  dan keunikan dari budayanya maupun seni dan adat istiadatnya masyarakat Toraja membuat daerah ini ramai  dikunjungi.

Berjalannya waktu Pemkab Tana Toraja melalui Dinas Parawisata telah membangun gedung mewah untuk  dijadikan sentral jual beli aneka kerajinan dan hasil bumi yang dapat dinikmati para pengunjung dari luar maupun  masyarakat Tana Toraja.

Pasar Seni terletak di jantung kota Makale. Begitu indahnya, pada malam hari terang benderang lampunya sangat  indah. Selain itu warga gantian menikmati hidangan kopi asli Toraja di gedung Pasar Seni. Namun sejak  disegelnya listrik, suasana nyaman dan indah itu kini tiada lagi.

Sejumlah pebisnis yang ditemui sangat berharap, agar dalam waktu yang tak lama semoga, tunggakan listrik dapat  diselesaikan, sehingga sambungan listrik kembali normal.(anton).

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top