Kuliah Tamu di Jepang, WR I UIN Alauddin Makassar Tekankan Nilai Agama dalam Pelestarian Lingkungan

Kuliah Tamu di Jepang, WR I UIN Alauddin Makassar Tekankan Nilai Agama dalam Pelestarian Lingkungan

Makassar, Upeks.co.id – Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Alauddin Makassar, Prof. Kamaluddin Abunawas, baru-baru ini diundang sebagai salah satu narasumber dalam kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Chiba.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Chiba Islamic Cultural Center, Chiba – Jepang pada Jumat 14 Juni 2024.

Bacaan Lainnya
 

Selain Prof. Kamaluddin, kuliah tamu ini juga menghadirkan narasumber Kepala Pusat Studi Kebencanaan Universitas Hasanuddin, Ilham Alimuddin, ST, MGIS, Ph.D.

Acara yang dihadiri oleh komunitas mahasiswa Indonesia ini mengusung tema Perspektif dan Mitigasi Bencana dalam Agama dan Sains: Studi Kasus Indonesia.

Dalam kuliah tamu tersebut, Prof. Kamaluddin Abunawas menyampaikan materi dengan judul “Mitigasi Bencana Alam dalam Al-Quran”.

Guru Besar Linguistik Arab ini menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan alam serta lingkungan hidup sesuai dengan anjuran yang terdapat dalam Al-Quran.

“Mitigasi bencana tidak hanya dapat dilakukan melalui pendekatan ilmiah, tetapi juga harus didasarkan pada nilai-nilai spiritual dan agama,” kata Prof Kamaluddin Abunawas.

Prof. Kamaluddin juga mengajak para mahasiswa untuk aktif berperan dalam menjaga lingkungan sebagai bentuk ibadah dan tanggung jawab sosial.

“Upaya mitigasi bencana harus menjadi tanggung jawab kita bersama, dan nilai-nilai agama dapat memberikan landasan moral yang kuat dalam menjaga kelestarian alam,” ujar Prof. Kamaluddin.

Acara ini mendapat sambutan yang sangat positif dari para mahasiswa Indonesia di Chiba.