389 Taruna Poltekpel Barombong Diwisuda dan Dilantik 

389 Taruna Poltekpel Barombong Diwisuda dan Dilantik 

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Sedikitnya 389 taruna-taruni Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong, ikuti wisuda program diploma dan pelantikan perwira transportasi, pada Jumat (27/10/2023).
389 lulusan Poltekpel Barombong tersebut, terdiri dari Diploma III sejumlah 22 orang, Diklat Pembentukan sejumlah 72 orang dan Diklat Peningkatan sejumlah 295 orang.
PLT. Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan dr. Capt. Wisnu Handoko, M.SC mengatakan, pada kesempatan ini pihaknya menyampaikan penghargaan kepada Direktur dan civitas akademika Poltekpel Barombong atas dedikasi dan upaya yang telah dilakukan .
“Sehingga proses pendidikan dan pelatihan para wisudawan dan perwira siswa yang diwisuda dan dilantik ini, dapat berjalan lancar sesuai harapan kita bersama, ” ucap Wisnu Handoko.
Wisuda dan pelantikan di Politeknik Pelayaran Barombong dengan mengusung tema “Melaju Membangun SDM Transportasi Unggul Untuk Mendukung Indonesia Maju” itu, menjawab tantangan era industri dengan strategi kolaborasi klaster pendidikan maritim indonesia.
“Tema yang sangat relevan dengan upaya Kementerian Perhubungan sebagai penyelenggara layanan publik bidang transportasi dan pengelolaan sumber daya maritim, ” terang Wisnu.
Wisnu menuturkan, dalam konteks penyediaan SDM Maritim yang unggul dan adaptif terhadap perkembangan era industri dan teknologi di semua bidang layanan, adalah menjadi tanggung jawab bersama. Baik penyelenggaran pendidikan, stakeholder, pelaku industri dan tentunya didukung oleh peran serta masyarakat.
“Kita harus menyiapkan SDM yang berkualitas. Sehingga Indonesia bisa melakukan lompatan kemajuan dan bersaing dengan negara-negara lain. Sebagaimana kita pahami bersama, bahwa indonesia memiliki potensi sumber daya maritim yang besar, ” tutur Wisnu.
Oleh karena itu, diperlukan lembaga pendidikan tinggi di bidang maritim untuk melahirkan SDM yang unggul dan kelak menjadi pemimpin masa depan di bidang maritim. Tentunya dengan strategi kolaborasi klaster pendidikan maritim Indonesia.
Peran pelaut lanjut Wisnu, sebagai pekerja kunci (key worker) telah ditetapkan melalui resolusi majelis umum PBB yang diadopsi pada desember 2020 lalu oleh International Maritime Organisation (IMO).
“Maka diperlukan SDM transportasi laut yang handal dan profesional dalam menghadapi tantangan dimasa mendatang terhadap perkembangan teknologi digitalisasi, teknologi informasi dan komunikasi, ” tutupnya.(Jay)