Laksanakan Grand Opening, Sekolah Kristen IPEKA CPI Makassar Resmi Dibuka

Laksanakan Grand Opening, Sekolah Kristen IPEKA CPI Makassar Resmi Dibuka

Makassar, Upeks – Sekolah Kristen IPEKA Center Point of Indonesia (CPI) Makassar secara resmi dibuka setelah memulai pembelajaran perdana tahun pelajaran 2023/2024 pada Senin, 17 Juli 2023. Sekolah berstandar internasional ini mulai dibangun pada April 2022 di CitraLand City Losari Makassar.

Grand Opening IPEKA CPI dilaksanakan pada Sabtu, 2 September 2023 di Gedung Sekolah IPEKA CPI Makassar. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Yayasan IPEKA, Erwin Tenggono, Direktur Utama IPEKA, Pdt. Handojo, Direktur Sekolah Internasional IPEKA, Susanti, pimpinan dari Sekolah Kristen IPEKA, perwakilan dari Badan Pengurus Yayasan Iman, Pengharapan, dan Kasih, Sinode Gereja Kristus Yesus (GKY), serta perwakilan dari GKY Makassar.

Bacaan Lainnya
 

Peresmian ditandai dengan prosesi pengguntingan pita yang dilakukan oleh Pendiri Sekolah Kristen IPEKA, Pdt. William Hosanna, Ketua Umum Sinode GKY, Pdt. Yohanes Adrie Hartopo, Ketua Yayasan IPEKA, Erwin Tenggono, Direktur Utama Sekolah Kristen IPEKA, Pdt. Handojo, Sekretaris Umum Sinode GKY, Pdt. Gunawan Tanu, Ketua Majelis GKY Makassar, Jemmy Gautama, dan Gembala GKY Makassar, Pdt Budhiono Lie.

Grand Opening IPEKA CPI juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo, Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin Mustakim, serta Kepala Seksi Kelembagaan dan Kemitraan Pendidikan Dasar Bidang Pengembangan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Makassar, Kurniati.

IPEKA CPI saat ini melayani jenjang Nursery dan Kindergarten (Early Childhood), Junior High School (Grade 7), serta Senior High School (Grade 10). Pada Tahun Pelajaran 2024/2025, IPEKA CPI juga akan melayani murid jenjang Elementary dari Grade 1-4. Pada Sabtu, 9 September 2023, IPEKA CPI akan melakukan Open House yang dapat dihadiri oleh masyarakat kota Makassar yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program pendidikan di IPEKA CPI.

Laksanakan Grand Opening, Sekolah Kristen IPEKA CPI Makassar Resmi Dibuka
Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo dan Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Muhyiddin Mustakim saat peresmian Sekoalah IPEKA CPI, Sabtu (2/9/2023)

Sekolah Kristen IPEKA CPI berkomitmen untuk memberikan pendidikan Kristen yang berkualitas di kota Makassar guna mempersiapkan pemimpin Kristen masa depan. Sebagai sekolah Kristen berstandar internasional yang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, Sekolah Kristen IPEKA CPI juga membekali dan mempersiapkan para guru selama satu tahun dengan pelatihan-pelatihan yang dapat melengkapi kemampuan mereka dalam menerapkan pembelajaran di IPEKA CPI.

Program Pembelajaran di IPEKA CPI

Sebagai sebuah sekolah berstandar Internasional, Sekolah Kristen IPEKA CPI menggunakan kurikulum yang dikembangkan oleh IPEKA yaitu IPEKA Christian Education (ICE) Curriculum. Kurikulum ini mengintegrasikan iman dan ilmu yaitu, pandangan Alkitabiah dengan kurikulum Pearson Edexcel dan Kurikulum Merdeka.

“Murid-murid IPEKA diharapkan tidak hanya berprestasi dan unggul secara akademis, tetapi juga memiliki iman kepada Yesus Kristus, memiliki karakter yang baik, dapat bekerja sama dengan baik, serta memiliki critical thinking, sehingga lulusan IPEKA menjadi pribadi yang tangguh di masa depan”, ujar Direktur Sekolah Internasional IPEKA, Susanti.

Selain itu, kurikulum di Sekolah Kristen IPEKA CPI diperkaya dengan lima pilar keunggulan yang dipandu oleh standar pembelajaran internasional. Pilar unggulan ini disebut iLEAD, yang fokus pada Internal Growth (pertumbuhan internal), Leadership (kepemimpinan), Entrepreneurship (kewirausahaan), Language Acquisition (penguasaan bahasa), dan Digital Literacy (literasi digital).

IPEKA CPI memanfaatkan berbagai bentuk teknologi dalam pembelajaran, seperti Google for Education dan Chromebook. Sumber pembelajaran seperti buku dan bahan referensi lainnya diberikan dalam bentuk digital dan dapat diakses melalui internet.

IPEKA CPI juga menerapkan program penguasaan bahasa asing yang memungkinkan para murid untuk menguasai bahasa Inggris dan Mandarin yang sesuai dengan standar internasional. Membekali murid dengan dua bahasa asing tersebut akan membuat para murid lebih dari siap untuk berkomunikasi dengan baik di lingkungan global.

IPEKA CPI didukung oleh beragam fasilitas gedung yang mendukung kegiatan belajar dan pengembangan diri para murid. Berbagai fasilitas tersebut diantaranya adalah Grand Chapel, STEM Laboratory, Sciences Laboratory (Physics, Chemistry, Biology), Digitech Laboratory, dan Health Center.

Sarana olahraga seperti Lapangan Basket dan Voli juga tersedia untuk kegiatan murid. Selain itu, kegiatan seni juga didukung dengan adanya Creative Art Workshop, Blackbox Theater, Music Studio, Ballet Studio, dan Culinary Studio. (*)

Pos terkait