Sempat Viral, Kloter 14 UPG Tiba di Tanah Air, Seorang Jemaah Wafat 

Sempat Viral, Kloter 14 UPG Tiba di Tanah Air, Seorang Jemaah Wafat 

Makassar, Upeks–Jemaah Haji yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 14 UPG Debarkasi Makassar, Minggu dini hari 16 Juli 2023,  pukul 03.15 WITA.

Kloter ini sempat heboh saat jemaahnya tiba di Kota Madinah. Kehebohan tersebut muncul, Rabu (7/6/2023), seorang jemaah 

Bacaan Lainnya

Adan sekitar 110-an jemaah dari tiga rombongan Kloter 14 UPG, sudah menginap dua malam di hotel berjarak 50 meter dari gerbang 330 Masjid Nabawi.

Dalam video berdurasi 54 detik itu menampilkan sejumlah jemaah beserta barang-barang yang menumpuk di depan sebuah hotel.

Dalam video seorang jemaah laki-laki menyampaikan bila mereka merupakan jemaah haji asal Kabupaten Luwu Utara dan Luwu Timur yang tergabung dalam kloter 14 UPG. 

Meski kemudian jemaah bersangkutan minta maaf karena mengaku hanya kesalahpahaman. Saat tiba keduanya, memilih diam tanpa memberikan komentar

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Makassar H Ali Yafid, mengungkapkan saat pemberangkatan kloter 14 sebanyak 393 jemaah, yang kembali malam ini 391 jemaah. 

“Satu orang wafat di tanah suci atas nama Hasnah Nomba Akram dan satu lainnya dirawat di rumah sakit King Abdullah Arab Saudi atas nama Nursidi Ali Pajjal. Semoga Almarhumah husnul khatimah dan jemaah yang sakit segera diberi kesembuhan oleh Allah SWT sehingga dapat menyusul kembali ke tanah air,” ucap Ali Yafid.

Hasnah Nomba Akram (69), jemaah haji kloter 14 Embarkasi UPG Makassar asal Kabupaten Luwu Timur wafat di Arab Saudi karena penyakit jantung yang dideritanya.

Dari 391 jemaah kloter 14 yang tiba malam ini, lanjut Ali Yafid, 230 orang adalah jemaah yang berasal dari Kab. Luwu Utara dan 152 orang dari Kab. Luwu Timur, ditambah 5 petugas kloter.

Ali Yafid kemudian menyerahkan jemaah kloter 14 ini kepada ke PPIH Daerah untuk selanjutnya diproses pemulangannya ke daerah asal masing-masing.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Luwu Timur Muhammad Yunus mewakili Pemerintah Daerah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PPIH Embarkasi/Debarkasi Makassar serta PPIH Daerah atas pengabdian dan dedikasinya dalam mengurus dan melayani jemaah haji kloter 14 sehingga dapat kembali dengan selamat di tanah air.

“Mewakili Pemerintah Daerah yang jemaahnya tergabung dalam kloter 14 ini, saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia atas layanan yang diberikan kepada jemaah haji kloter 14. Selamat datang kembali ke tanah air, selamat berbahagia kembali berkumpul dengan keluarga masing-masing,” tuturnya. (rls)