Sukseskan MNEK 2023, Dekranasda Sulsel Pamerkan Sejumlah Kerajinan Unggulan

Sukseskan MNEK 2023, Dekranasda Sulsel Pamerkan Sejumlah Kerajinan Unggulan

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan turut serta mensukseskan kegiatan latihan bertaraf internasional 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023, yang digelar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, sejak Senin hingga Kamis (5-8/6/2023).

MNEK merupakan latihan non-perang dengan mengedepankan kerja sama maritim di kawasan regional, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan guna mempererat kerja sama antara TNI AL dengan negara-negara sahabat.

Bacaan Lainnya
 

Latihan bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut ini, mengusung tema “Partnership To Recover and To Rise Stronger”. Kegiatan ini dihadiri Angkatan Laut dari 36 negara.

Dalam kegiatan ini, sejumlah produk unggulan binaan Dekranasda Sulsel dipamerkan. Sejumlah produk unggulan khas Sulsel ini juga menjadi fokus didorong pengembangannya oleh Ketua Dekranasda Sulsel, Naoemi Octarina.

Sekretaris Dekranasda Sulsel, Adel menyampaikan, bahwa dalam kegiatan MNEK 2023 ini, Dekranasda menampilkan sejumlah kerajinan dari Kabupaten/Kota se Sulsel.

“Dekranasda saat ini menampilkan kerajinan dari Atap Konjo, yakni anyaman dari serat lontar. kemudian juga ada sarung sutra, ada dari Eceng Gondok by Elsa. Kemudian ada juga anyaman dari rota, dan sejumlah aksesoris dan tas yang berciri khas Sulsel, serta tenun dari Toraja,” sebutnya.

Dalam pameran di lokasi acara MNEK 2023 ini, Dekranasda Sulsel menargetkan untuk memperkenalkan sejumlah kerajinan khas dari Sulsel.

“Target kami adalah bagaimana kerajinan-kerajinan ini bisa dikenal lagi, karena pameran kali ini banyak kunjungan dari Mancanegara. Sehingga produk-produk kerajinan-kerajinan asal Sulsel lebih dikenal lagi hingga di kancah Internasional,” ungkapnya.

Diketahui, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman hadir mendampingi Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono membuka kegiatan latihan bertaraf internasional 4th MNEK 2023. (*)

Pos terkait