Asiknya Keliling Pakai Motor Listrik, Anti Asap dan Hemat!

Asiknya Keliling Pakai Motor Listrik, Anti Asap dan Hemat!

Makassar, Upeks.co.id – PT PLN (Persero) menunjukan komitmennya sebagai pionir Kita punya dalam upaya mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik dengan menggelar parade motor listrik di kota Makassar. PLN, Chief Executive Officer Elders Elettrico, Heret Frasthio bersama Komunitas Kendaraan Listrik di Makassar memulai rute dari Kantor PLN Kantor Unit Induk Distribusi (UID) Sulselrabar dan berakhir di Nipah Park.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan kegiatan parade dengan menggunakan motor listrik, menjadi ajang sosialisasi yang dinilai efektif karena warga bisa melihat langsung bentuk fisik sepeda motor listrik dan keunggulan lain, yaitu tidak menimbulkan suara berisik dan tidak berasap.

Bacaan Lainnya
 

“Kegiatan berkeliling dengan menggunakan motor listrik sebagai upaya PLN untuk mengenalkan keunggulan penggunaan motor listrik kepada masyarakat,” kata Andy.

Andy berharap dengan kegiatan ini dapat mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik sekaligus menumbuhkan kesadaran penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan, yang selaras dengan target emisi nol karbon.

Dipaparkan bahwa, untuk 1 liter bahan bakar minyak (BBM) setara dengan 1,5 kilowatt hour (kWh) listrik. Emisi karbon 1 liter BBM setara dengan 2,4 kilogram (kg) CO2e, sedangkan 1,5 kWh listrik emisinya setara 1,5 kg CO2e.

Selain ramah lingkungkan, biaya operasional motor listrik jauh lebih murah dibandingkan motor konvensional. Untuk motor konvensional dengan jarak tempuh 40 kilometer (km) menghabiskan 1 liter BBM, sedangkan motor listrik dengan jarak sama menghabiskan 1 kWh.

Pengguna motor listrik hanya memerlukan biaya Rp 1.699,53 per kWh untuk menempuh jarak 40 km sedangkan motor konvensional bisa menghabiskan sekitar Rp 13 ribu per liter untuk menempuh jarak yang sama. Artinya pengguna motor listrik dapat menghemat biaya operasional sampai 86%.

“Kami tentunya sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Melalui kegiatan ini, bisa mengedukasi masyarakat untuk bisa mengonversi kendaraanya dari mesin biasa ke mesin listrik sekaligus mendukung program pemerintah dalam mewujudkan era kendaraan listrik,” tutur Marketing Assistant Manager Kalla Kars, Ryan Fachryansyah.

Ryan menambahkan selain ramah lingkungan, keunggulan pemakaian motor listrik yakni penghematan biaya operasional serta perawatannya yang lebih hemat.

Perwakilan Elders Electtrico Makassar sekaligus Komunitas Vespa Konversi, Muh Farhan Fais mengaku antusias dengan kegiatan keliling menggunakan motor listrik.

“Senang rasanya bisa berpartisipasi dalam acara ini. Sampai saat ini pengguna kendaraan listrik semakin meningkat, karena ramah lingkungan dan biaya operasional lebih murah dari motor konvensional. Kami berharap makin Booming nya pengguna kendaraan listrik di masyarakat,” ujar Farhan. (rls)

 

Pos terkait