Upaya BIN dan PMI Tingkatkan Kesejahteraan Papua Diapresiasi

Upaya BIN dan PMI Tingkatkan Kesejahteraan Papua Diapresiasi

Papua,Upeks.co.id— Apresiasi mewarnai seluruh upaya Badan Intelijen Negara (BIN) melalui pembinaan Papua Muda Inspiratif (PMI) untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Hal tersebut telah sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020.

Peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) pada Maret ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat muda Papua, sehingga dapat membuka potensi terbaik para Pemuda Bumi Cendrawasih tersebut.

Bacaan Lainnya

Sejauh ini, para pemuda yang tergabung dalam Papua Muda Inspiratif (PMI) bersama dengan pihak Badan Intelijen Negara (BIN) telah banyak melakukan pembinaan kepada para petani di Papua untuk bisa melakukan pengelolaan lahan jagung.

Koordinator PMI Provinsi Papua, Neil Leonardo Aiwoy menjelaskan, program yang diinisiasi BIN melalui PMI tersebut mampu membuka banyak lapangan pekerjaan untuk warga setempat.

“PMI terus berupaya untuk melakukan langkah-langkah lainnya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua. Beberapa langkah konkret yang telah dilakukan diantaranya adalah melakukan penebaran benih ikan untuk masyarakat, pemanfaatan lahan untuk menanam jagung, sagu, peternakan hingga UMKM,” ujar Neil Leonardo.

Beberapa langkah atau program yang telah dilakukan oleh BIN melalui PMI bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Seluruh langkah tersebut memang sejatinya sudah sangat sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2022 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Apresiasi tinggi kepada pihak BIN dan PMI tidak hanya diberikan dari kelompok pemuda Papua, namun juga dari masyarakat umum.

Mama Agustina Marweri, sebagai petani jagung bersyukur PMI dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Keberhasilan berdirinya PMI harus diberikan untuk kepemimpinan Jend Pol (Purn) Budi Gunawan yang berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Saya siap melakukan pengelolaan lahan jagung sebagai bagian dari program PYCH. Rasa syukur diberikan karena pada akhirnya warga setempat mampu bekerja di tanah sendiri,” jelas Mama Agustina.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, M. Ridwan Rumasukun mengungkapkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua terus memberikan dukungan terhadap program pengolahan jagung yang telah dimotori oleh BIN melalui PMI demi kesejahteraan masyarakat.

“Pemprov Papua sendiri juga telah memberikan beberapa bantuan, yakni mengenai pembuatan pagar di lahan jagung milik warga, serta penyaluran sembako yang ditujukan kepada masyarakat dan beberapa bantuan lainnya mengenai keperluan pertanian yang dikelola oleh warga,” ujar M. Ridwan. (rls)