Gaya IAS di Setiap Roadshow; Selalu Isi dengan Ziarah Makam Sahabat

Gaya IAS di Setiap Roadshow; Selalu Isi dengan Ziarah Makam Sahabat

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Roadshow kandidat bakal calon gubernur Sulsel 2024, Dr. Ilham Arief Sirajuddin (IAS) di Kabupaten Bone, juga diisi dengan ziarah makam sahabatnya, alm H Anas Genda.

Anas adalah politisi muda Golkar yang sempat mengecap kursi DPRD Sulsel bersama IAS di awal 2000-an. Anas berpulang setelah diserang penyakit kanker usus tahun 2011 lalu.

Bacaan Lainnya

IAS bercerita ketika sahabatnya itu terserang sakit. Anas ketika itu diharuskan operasi. Tapi menolak karena takut risiko operasi.

“Saya kemudian dihubungi keluarga almarhum yang sudah setuju untuk operasi. Saat saya temui, saya hanya berulang-ulang mengingatkan bagaimana keberanian almarhum menantang maut dalam beberapa kejadian,” kenang IAS di pekuburan Umum, Taccipi, Kec Ulaweng, Kamis, 8 November 2022.

Salah satu momentum di mana Anas memperlihatkan keberaniannnya adalah saat Munas Luar Biasa Partai Golkar, 1999. Ketika itu, mantan Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Edi Sudrajat dikalahkan oleh Akbar Tanjung sebagai ketua umum.

“Saya ingat sekali, Anas begitu berani naik ke atas meja sidang untuk menunjukkan perjuangan. Padahal ketika itu, tentara memenuhi area munas. Momen itulah yang saya gunakan membujuk Anas yang harus operasi ketika itu. Saya sampaikan, bahwa kalau soal mati, dia sudah mati di munas itu andai ajal itu bukan Allah Swt yang tentukan. Jadi, kenapa harus takut operasi? Akhirnya beliau setuju operasi setelah berhari-hari saya bujuk,” kenang IAS dengan mata berkaca-kaca.

Setelah operasi, Anas membaik. Bahkan setelah tiga bulan operasi, dia kembali beraktifitas sebagai anggota DPRD Sulsel. Sibuk, lalu kecapaian sehingga Allah SWT menentukan takdirnya.

Di makam Anas, IAS sempat menyiram kubur dan mendoakan sahabatnya itu tenang di alam sana.

Roadshow politik IAS enam bulan terakhir, selalu diisi dengan ziarah makam. Baik itu makam leluhur, hingga sahabat-sahabatnya yang lebih dulu dipanggil Tuhan.

“Bukankah Allah Swt selalu mengingatkan kita untuk ingat mati? Ziarah kubur salah satu cara sederhana dan juga sekaligus sebagai ibadah,” tutup IAS. (mah)