Asisten Ekbang Hadiri Serangkaian Resepsi Karya Agung Ngenteg Linggih

Asisten Ekbang Hadiri Serangkaian Resepsi Karya Agung Ngenteg Linggih

LUWU TIMUR, UPEKS.co.id –Asisten Ekbang Hadiri Serangkaian Resepsi Karya Agung Ngenteg Linggih

Mewakili Bupati Luwu Timur, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Masdin, menghadiri serangkaian Resepsi Karya Agung Ngenteg Linggih di Pura Tri Boga Mertha Desa Sumber Agung, Kecamatan Kalaena, Rabu (12/10/2022).
Hadir mendampingi Asisten, Camat Kalaena, Muh. Yusri dan Kapolsek Mangkutana AKP. I Nyoman Sutarja. Tampak pula hadir Ketua TP PKK Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman beserta jajaran dan undangan lainnya.
Ketua Panitia Pembangunan, Wayan Yadnya mengatakan, dilaksanakannya rangkaian upacara karya Agung Ngenteg Linggih karena telah rampungnya perehaban sejumlah bangunan palinggih di pura tersebut.
Karya Agung yang berlangsung dari tanggal 7 September 2022 dan direncanakan berakhir 15 Oktober 2022, Puncaknya yang digelar pada tanggal 10 Oktober 2022 bertepatan dengan Soma Wage Dukut ini dipuput oleh Ida Pandita Mpu Satya Laksita Dharma Lan Jro Mangku.
“Karya ini menghabiskan dana sekitar 400 ratusan juta rupiah yang berasal dari urunan warga, serta iuran masyarakat,” terang Ketua Panitia, Wayan Yadnya.
Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Luwu Timur, Masdin memberikan apresiasi terhadap pelaksaaan karya Agung Ngenteg Linggih dilakukan oleh masyarakat khususnya masyarakat Desa Sumber Agung.
Pelaksanaan upacara karya Ngenteg Linggih ini merupakan upacara suci umat Hindu untuk mensakralkan aneka bangunan suci atau palinggih yang terdapat dalam pura.
“Disisi lain, karya ini sebagai sarana mempererat rasa kekeluargaan dan semangat gotong royong untuk menjaga keharmonisan dan kebersamaan umat Hindu,” ujar Masdin.
Lebih lanjut Masdin mengatakan, sebagai pemerintah daerah tentu momen besar seperti ini sangat baik untuk mendengar berbagai saran dan masukan dari seluruh elemen masyarakat utamanya umat Hindu.
Menurutnya, dalam mewujudkan setiap program dan kebijakan, dukungan seluruh elemen masyarakat utamanya tokoh-tokoh agama tentu sangat penting untuk menjaga daerah ini tetap aman dan kondusif.
Untuk itu, Masdin meminta kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga bahkan lebih meningkatkan persatuan, kekompakan dan semangat gotong-royong di tahun-tahun yang akan datang.
“Karena dengan bersatu padu dan dilandasi semangat kebersamaan, sesulit apapun permasalahan akan menjadi ringan dan paling penting untuk tetap berkomunikasi dengan pemerintah,” pesannya.
Tak lupa pada kesempatan tersebut Asisten juga menyampaikan terkait Program Pemerintah dibidang keagamaan seperti tahun-tahun sebelumnya akan terus dilanjutkan, karena program prioritas ini cukup mendapat respon yang baik dari seluruh umat beragama.
“Program wisata religi, bantuan sarana dan prasarana rumah ibadah hingga menaikkan insentif keagamaan akan terus dilanjutkan mengingat program ini cukup mendapat respon yang baik,” jelas Asisten Perekonomian dan Pembangunan.
Usai memberikan sambutan, Asisten Perekonomian dan Pembanguan beserta undangan lainnya turut menyaksikan penandatanganan Prasasti Ngenteg Linggih oleh Ida Pandita Mpu Satya Laksita Dharma Lan Jro Mangku. (op/prokopim/ikp-kehumasan/kominfo-sp)