LLDIKTI IX Support IRMLA Sulsel Bentuk Organisasi Dosen Metodologi Penelitian

LLDIKTI IX Support IRMLA Sulsel Bentuk Organisasi Dosen Metodologi Penelitian

Makassar, Upeks—LLDKTI Wilayah IX mengapresiasi pembentukan Asosiasi Dosen Metodologi Penelitian Indonesia atau Indonesian Research Methodology Lecturer Association (IRMLA) periode 2022 – 2027 wilayah Sulsel.

Personal in Charge Pelantikan IRMLA Sulsel, Dr Muhammad Asdar MSi melaporkan kegiatan yang diikuti oleh 50-an pengurus baik hadir secara onsite maupun online.

Bacaan Lainnya
 

“Selain PW Sulsel, kegiatan ini pun diikuti beberapa pengurus wilayah dari IRMLA Bali, DKI, dan Sumatra,” ucapnya.

Kepala LLDIKTI IX Drs Lukman MSi mengutus Kabag Umum (Syahruddin ST) untuk mewakili dirinya karena bertepatan dengan agenda lain. Namun Ia siap membantu dan berkolaborasi dengan IRMLA Sulsel.

“Sangat mensupport pembentukan organisasi (IRMLA) ini dan kedepan terus lakukan kolaborasi dengan kami (lldikti9),” harapnya melalui rilis diterima.

Ketua Umum Pusat IRMLA, Prof. H.M. Burhan Bungin, M.Si, Ph.D, CIQnR, CIQaR melantik secara langsung pengurus IRMLA Sulsel di Ruang Senat Universitas Bosowa (Unibos), Sabtu (3/9/2022).

Prof Burhan mengatakan, IRMLA bukanlah organisasi massa seperti kebanyakan, melainkan didalamnya berkumpul para cendekiawan. Pengurusnya adalah dosen-dosen yang membimbing mahasiswa S1, S2, dan S3.

“Disinilah berkumpulnya para pakar yang menguasai metodologi penelitian. Wadah mendiskusikan metodologi agar dapat menjadi pembimbing yang baik dan menghasilkan karya yang baik,” ujarnya.

Guru Besar Sosiologi Komunikasi, dan pakar metodologi penelitian ini mengungkapkan bahwa pelantikan IRMLA Sulsel merupakan pertama kali yang dihadiri secara langsung oleh pengurus pusat.

“Acara ini spesial. Ini pertama kali pengurus pusat mau turun langsung ke daerah, sebelumnya pelantikan di daerah-daerah lainnya secara online karena pertimbangan Covid,” ungkapnya.

Menurutnya, organisasi ini akan memberikan dampak positif bagi karir pengurusnya. Termasuk, meningkatkan daya saing bagi output (mahasiswa, dosen dan institusi) di lingkup LLDIKTI Wilayah IX.

“Baik untuk karir bapak ibu dan teman-teman bapak ibu di kampus. Tugas kita menggodok sdm peneliti yang tangguh,” ungkapnya.

Ketua IRMLA Sulsel yang baru dilantik, Prof. Dr. Ir. Batara Surya ST. M.Si mengaku siap menjaga amanah.

Rektor Unibos ini mengungkapkan, ia bersama pengurus akan menjalin kolaborasi yang baik. Dibutuhkan diskusi untuk menemukan metodologi baru dan menghasilkan banyak karya yang baik.

“Kita perlu menghasilkan kebaharuan, riset bisa dilakukan bersama-sama dan kita buka kesempatan bekerjasama dengan pemerintah,” ujar Prof. Batara Surya.

Kabag Umum LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, Syahruddin ST, optimis IRMLA Sulsel bakal berkontribusi besar di bidang penelitian.

Hal tersebut karena organisasi ini dipimpin oleh Prof Batara Surya.

“Beliau ini punya reputasi yang baik, segudang penghargaan dan inspirasi bagi para dosen,” ungkapnya.

Setelah pelantikan dilanjutkan dengan tanya jawab oleh Prof Burhan dengan moderator Dr. Andi Asrina SKM., M.Kes. (*)

Pelantikan ini juga di hadiri oleh Sekjan IRMLA pusat Dr. H. Andi Sulistiyono, SH., M.Ikom., CIQaR., CIQnR.

Pos terkait