Desa Sejahtera Astra Ekspor Komoditas Senilai Rp6,5 Miliar

Desa Sejahtera Astra Ekspor Komoditas Senilai Rp6,5 Miliar

MAKASSAR, Upeks–Tiga Desa Sejahtera Astra (DSA) yaitu DSA Wakatobi, DSA Bombana, dan DSA Bone mencatatkan transaksi ekspor komoditas mencapai Rp6,5 miliar. Komoditas yang diekspor itu antara lain, Minyak Nilam, ikan, Rajungan dan Rumput Laut.

Hal itu terungkap pada seremoni ekspor produk unggulan yang digelar oleh PT Astra Internasional Tbk di kawasan Pergudangan Garuda di Makassar, Jumat (22/8/2022).

Bacaan Lainnya
 
Desa Sejahtera Astra Ekspor Komoditas Senilai Rp6,5 Miliar
Chief of Corporate Affair, Riza Deliansyah (paling kiri) memperlihatkan komoditas perikanan yang di ekspor oleh Tiga Desa Sejahtera Astra, Jumat (12/7/2022)

Ketiga desa itu merupakan desa yang mendapat binaan langsung dari PT Astra Internasional
berbentuk program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Menurut Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah saat memberikan sambutan mengatakan, kegiatan yang digelar ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Astra ke-65 dengan mengambil salah satu pilar, yakni kewirausahaan.

Dia mengatakan, kegiatan ekspor tersebut merupakan komitmen Astra dalam mensejahterakan masyarakat di tengah pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

“DSA Wakatobi mengekspor 27 ton rumput laut senilai Rp450 juta dengan tujuan negara China dan produk perikanan sebanyak 14 ton senilai Rp1,4 miliar untuk dikirim ke Amerika. Selain itu, produk minyak nilam dari DSA Bombana dan DSA Bone sebanyak 12 ton senilai Rp4,7 miliar juga dikirim dengan tujuan pasar ekspor di India dan Pakistan,” kata Riza.

Seremoni ekspor produk unggulan tersebut merupakan bagian dari Festival Kewirausahaan Astra tahun 2022 yang mengangkat tema ‘Building Resilience through SMEs & Local Village Product of Indonesia.’

Riza menjelaskan sepanjang 65 tahun berkembang bersama masyarakat Indonesia, Astra menyadari bahwa kegiatan berbasis kewirausahaan seperti UMKM, startup, dan usaha pengembangan produk lokal memiliki peran penting dalam menjamin ketangguhan ekonomi Indonesia.

“Melalui ekspor produk DSA ini, Astra berharap bahwa semangat untuk mengembangkan produk unggulan berdasarkan potensi lokal dapat terus dikembangkan dan bersinergi dengan segenap stakeholders terkait,” tutur dia.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Selatan, Muhammad Ilyas, mengapresiasi upaya Astra dalam membangun sinergi program pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program DSA.

“Kami sangat mengapresiasi Astra yang telah membantu satu kegiatan terobosan yang inovatif terutama dalam mendorong desa-desa di pesisir untuk meningkatkan nilai tambah dari segi kualitas produk perikanan sehingga bisa memiliki nilai ekspor,” ungkap Ilyas. (*)

Pos terkait