Alat Pendorong Hidrolis Rusak, Pemasangan Rel KA Ditunda Sepekan

Alat Pendorong Hidrolis Rusak, Pemasangan Rel KA Ditunda Sepekan

MAROS, Upeks.co.id — Rencana pemasangan jembatan rel kereta api yang berlokasi di Desa Maccini Baji, Kecamatan Lau, yang dijadwalkan akan dilakukan Rabu (24/8/2022) malam terpaksa ditunda.

Hal ini disampaikan oleh PPK Pengembangan Perkeretaapian Maros-Pangkep, Ari Wibowo, Rabu siang (24/8/2022). penundaan pemasangan jembatan rel KA  ini akibat adanya kerusakan pada alat pendorong hidrolis.

Bacaan Lainnya

“Dari hasil pemeriksaan akhir dan uji coba ditemukan adanya kerusakan pada alat pendorong hidrolis sehingga diperlukan perbaikan,” katanya.

Ia mengatakan penggeseran jembatan rel kereta api akan kembali dilanjutkam sepekan kemudian atau pada 31 Agustus 2022 mendatang. Untuk menjamin kelancaran dan keselamatan selama proses penggeseran, maka jalanan akan ditutup selama 5 jam.

“Untuk menjamin kelancaran dan keselamatan pelaksanaan pekerjaan maka penggeseran akan dilakukan 31 Agustus 2022 mulai pukul 23.00 wita sampai dengan tanggal 1 September 2022 pukul 04.00 wita,” tutupnya.

Sekedar diketahui, Pergeseran jembatan rel kereta api dijadwalkan dilakukan hari ini. Untuk membantu kelancaran pengerjaan, maka jalan poros Maros-Pangkep tepatnya di Desa Maccini Baji, Kecamatan Lau Maros akan ditutup.

Penutupan jalan ini akan berlangsung sekira lima jam dimulai pada pukul 23.00-04.00 Wita.

Kepala Seksi Perawatan Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulawesi Selatan, Arief Sudiatmoko mengatakan, penggeseran rel kereta api ini akan menggunakan metode sistem hidrolik.

“Metode penggeseran ini menggunakan sistem hidrolik. Dengan cara mendorong pelan-pelan. Sekali mendorong akan menggeser sekitar 90 cm,” jelasnya kepada wartawab kemarin.

Untuk memperlancar proses penggeseran rel kereta api, BPKA menyediakan 3 alat hidrolik. Namun yang akan digunakan hanya dua alat sistem hidrolik.

Dia menjelaskan, satu alat hidrolok ini mampu mendorong sekitar 350 ton.

“Untuk proses pergeserannya. Kita menyediakan tiga alat sistem hidrolik. Tapi yang akan digunakan hanya dua alat saja. Itu sudah kami anggap cukup. Alat yang satu hanya digunakan disaat dibutuhkan saja,” tegasnya.

Dia menambahkan, dengan hitungan tersebut, maka diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mendorong sebatang rel kereta api.

“Sebenarnya kita hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam setengah sampai 4 jam. Tapi kita juga membutuhkan persiapan dan istirahat, sehingga kita masukkan sekitar 5 jam,” ujarnya.

Arief menambahkan, untuk lancarnya pelaksanaan pergeseran rel kereta api dan mengurai kemacetan, maka untuk kendaraan-kendaraan besar akan dihentikan.

“Sementara untuk kendaraan kecil dan roda dua, kami menyiapkan area lintasan di escape road dibawah jembatan yang akan kita geser ini. Jadi penutupan ini hanya khusus dilakukan bagi kendaraan berat saja,” jelasnya.(rls)