Tim PKM PNUP Bantu KWT Binaan PKK Kabupaten Enrekang Dengan Alat Pengolahan Buah Tomat & Bawang Merah

  • Whatsapp
Tim PKM PNUP Bantu KWT Binaan PKK Kabupaten Enrekang Dengan Alat Pengolahan Buah Tomat & Bawang Merah

Makassar, Upeks–Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bermitra dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Enrekang, melakukan pelatihan pengolahan buah tomat dan bawang merah sekaligus pengemasan dan pelabelan produknya kepada kelompok wanita tani (KWT) Masalle dan Alla Kabupaten Enrekang di pendopo rumah jabatan Bupati Enrekang Jumat-Sabtu (17-18/6/2022).

Ketua tim PKM, Dr. Fajriyati Mas’ud, STP., M.Si., IPM. yang juga membina beberapa UMKM di Sulsel, bersama anggota tim yakni Dra. Sri Indriati, M.Si., Vilia Darma Paramita, STP., M.Food.Sc., PhD., Yuliani HR, ST., M.Eng., IPM. yang semuanya staf pengajar serta dua orang Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) yakni Pabbenteng, ST., M.Si., dan Leny Irawati, SSi., M.Si. dari Jurusan Teknik Kimia (JTK) PNUP terlibat langsung dalam mengedukasi serta memberikan pelatihan kepada KWT dalam mengolah buah tomat dan bawang merah yang melimpah di Kabupaten Enrekang.

Bacaan Lainnya

“Kondisi yang dialami oleh KWT Masalle dan Alla adalah keterbatasan pengetahuan tentang cara mengolah buah tomat dan bawang merah, mengemas dan melabel produk yang efektif sehingga kehadiran tim PKM ini yang sekaligus memberikan bantuan alat pengolahan buah tomat dan bawang merah kepada kedua KWT tersebut tentunya sangat membantu,” ucapnya di sela kegiatan.

Ketua PKK Kabupaten Enrekang, Dra. Hj. Johra Muslimin Bando, M.Pd., yang juga istri dari Bupati Kabupaten Enrekang berterima kasih atas bantuan tersebut.

“Kabupaten Enrekang merupakan penghasil sayur dan buah berkualitas tinggi, namun saat panen biasanya sebagian hasil panen tidak dapat diselamatkan, karena petani umumnya belum memahami teknik pengolahan, pengemasan, dan pelabelan produk yang tepat sehingga kegiatan seperti PKM ini sangat kami nantikan,” harapnya saat menerima alat tersebut dari tim PKM. Salah seorang perwakilan KWT dari Desa Alla sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan PKM dengan sumbangan peralatan pengolahan buah tomat dan bawang merah.

“Keterampilan mengolah, mengemas, dan melabel produk olahan buah tomat dan bawang merah ini sangat bermanfaat bagi kami, dan tentunya sumbangan peralatan yang kami terima akan kami manfaatkan sebaik-baiknya, dan kami berharap kegiatan seperti ini akan selalu ada sebab masih banyak KWT yang sangat membutuhkan kegiatan seperti ini,” harapnya penuh semangat.

PKM PNUP ini merupakan program dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) PNUP berdasarkan SK Direktur PNUP No. 1065/P/2022, tanggal 2 Juni 2022 yang terlaksana dengan menggunakan dana yang bersumber dari pendapatan negara bukan pajak (PNBP) PNUP Tahun Anggaran 2022. (*)

Pos terkait