Hanya 16 Jam Dikarantina, Kloter 8 Makassar Menuju Mekkah

  • Whatsapp
Hanya 16 Jam Dikarantina, Kloter 8 Makassar Menuju Mekkah

Makassar, Upeks.co.id — Jemaah Calon Haji (JCH) kloter 8 Embarkasi Makassar hanya menjalani karantina sekira 16 jam, selanjutnya diterbangkan ke Mekkah, Jumat (24/6/2022).

Jadwal yang dilansir dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar sebanyak 393 jemaah dari Sulawesi Tenggara dan Sulsel, diterima Kamis (23/6/2022) pukul 08.00 Wita. Kemudian jadwal take off pukul 04.10 Wita.

Bacaan Lainnya

Jemaah asal gabungan asal Sultra 144 orang, Takalar (120), Maros (64) dan Palopo (53), sudah meninggalkan asrama pukul 01.00 wita menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, kemudian bertolak menuju Bandara King Abdulaziz Jeddah dan direncanakan mendarat pukul 12.10 waktu setempat.
Pada prosesi pelepasan Kloter 8 beberapa jemaah masih melawan kantuknya. Terlihat beberapa JCH berusaha membuka mata dan selalu menyadarkan diri saat pelepasan di Aula Mina Asrama Haji Makassar.

Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar H. Ikbal Ismail dalam sambutan pelepasannya, memberikan motivasi, kalau pelaksanaan ibadah haji kali ini sangat diberkahi oleh Allah karena bertepatan hari Jumat dengan istilah Haji Akbar. “Jangan sia-siakan kesempatan ini karena bapak ibu adalah orang yang istimewa,” ungkapnya.

Kloter 8 masuk dalam gelombang kedua, sebelum berangkat jemaah mandi wajib dan berpakaian ihram dan di atas pesawat berniat umrah. Semua pakaian selain pakaian ihram dilepas semua.
“Selama berihram jangan kita berkata seronok, jangan kita melanggar ketentuan yang telah ditetapkan baik itu ketentuan ketua kloter apalagi ketentuan Arab Saudi,” kata Ikbal Ismail, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel.

“Jaga kesatuan dari rombongan jangan ada lagi atas nama kedaerahan. Bapak ibu adalah duta besar bangsa Indonesia,” tandasnya.