Memenuhi Syarat, Soppeng Dipercayakan Lakukan Vaksin Merdeka Anak

Memenuhi Syarat, Soppeng Dipercayakan Lakukan Vaksin Merdeka Anak

SOPPENG, UPEKS.co.id — Polres Soppeng bekerjasama Pemerintah Kabupaten Soppeng melaunching Vaksin Merdeka anak usia 6 sampai 11 Tahun secara bertahap di Wilayah Kabupaten Soppeng.

Launching vaksin merdeka mulai dilaksanakan di SD Negeri 135 Salebbo Mario, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Selasa (11/01/2022).

Bacaan Lainnya

Kapolres Soppeng, AKBP Muh. Rony Mustafa mengatakan vaksin merdeka ini merupakan vaksin khusus untuk anak usia 6 sampai 11 tahun dan ini dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia.

Kata dia, vaksinasi anak merdeka hanya dilaksanakan di beberapa Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Soppeng memenuhi syarat karena vaksin orang dewasa telah mencapai diatas 80 persen dan lansia diatas 60 persen.

“Jadi Soppeng memenuhi syarat untuk vaksinasi anak merdeka,” ujarnya.

Dia menerangkan bahwa Covid-19 merupakan wabah seluruh dunia, yang merupakan tanggung jawab bersama untuk melindungi diri dan masyarakat dengan vaksin, bukan hanya orang dewasa namun juga anak-anak.

“Banyak kasus Covid-19 yang sasarannya pada anak-anak, ini merupakan langkah cepat pimpinan kita Presiden Joko Widodo dalam pencegahan Covid-19,” ungkapnya.

Selain itu, ini merupakan akselerasi melaksanakan vaksinasi secara keseluruhan, baik orang dewasa maupun anak-anak.

“Vaksin memang tidak membuat kita kebal, namun dampak dari virus dapat dikurangi, dan vaksin anak merdeka kita diberi target 2 minggu harus selesai semua,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak mengungkapkan bahwa pelaksanaan vaksin merupakan salah satu cara untuk memberikan perlindungan dan keselamatan kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Soppeng.

“Alhamdulillah kita di Soppeng merupakan daerah percontohan yang dipercayakan untuk melaksanakan vaksin kepada anak-anak, karena kita telah memenuhi syarat. Seandainya tidak memenuhi syarat tentu kita tidak diijinkan untuk melakukan vaksinasi,” ungkapnya.

“Karena Soppeng termasuk daerah yang dianggap memperhatikan masyarakatnya, pemerintah pusat memberikan kesempatan pertama Kabupaten Soppeng untuk melaksanakan vaksin ini terutama untuk anak-anak,” tambahnya.

Kaswadi pun berharap kedepannya agar tetap menjaga kekompakan, kerja sama, dan semangat dalam pelaksanaan vaksin serentak ini.

Sekadar diketahui, pelaksanaan vaksinasi merdeka anak usia 6 sampai 11 tahun ini serentak dilaksanakan di 18 titik vaksinasi sekolah di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Soppeng. (Min)