Layanan Administration Through Video Call Mudahkan Peserta JKN-KIS

  • Whatsapp
Layanan Administration Through Video Call Mudahkan Peserta JKN-KIS

 

Makale, Upeks.co.id –  BPJS Kesehatan Cabang Makale kini mengembangkan inovasi layanan berbasis online sebagai upaya mengoptimalkan pelayanan prima bagi peserta Program JKN-KIS. Inovasi tersebut berupa layanan administrasi melalui video call atau Administration Through Video Call (Astrovica).

Astrovica memungkinkan peserta untuk mendapatkan pelayanan tatap  muka secara langsung bersama petugas  melalui video call dengan memilih waktu layanan. Layanan tersebut dapat diakses melalui nomor Whatsapp 082261587162.

“Evaluasi perbaikan dan peningkatan layanan terus kami upayakan. Jika sebelumnya sudah ada Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) berupa chat kini kami menyediakan layanan berupa video call. Jadi peserta bisa memperoleh pelayanan sama seperti ketika mendatangi kantor BPJS Kesehatan. Selain untuk meminimalisir jumlah kunjungan peserta terutama di masa pandemi ini, kami harapkan Astrovica menjadi salah satu alternatif yang dapat memberi kemudahan bagi peserta dalam mengakses layanan dengan ketepatan waktu layanan dan waktu tunggu,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Makale, Zari Ayu Puspita, Selasa (26/10).

Ayu juga berharap, hadirnya terobosan baru tersebut peserta bisa mendapatkan pelayanan secara praktis dan cepat. Adanya interaksi langsung antara peserta dan petugas melalui video call, pemberian informasi, penanganan pengaduan dan  layanan administrasi sesuai dengan kebutuhan peserta menjadi lebih tepat dan jelas sehingga meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi serta dapat mempersingkat waktu layanan.

“Sama halnya dengan pelayanan di kantor BPJS Kesehatan, Astrovica juga menyediakan semua layanan administrasi kepesertaan, baik berupa pendaftaran peserta baru, perubahan data, perubahan jenis kepesertaan, penambahan anggota keluarga, dan layanan lainnya. Selain itu juga melayani pemberian informasi maupun keluhan peserta. Bagi peserta yang ingin menggunakan layanan Astrovica dapat menghubungi petugas melalui nomor Whatsapp yang tersedia. Selanjutnya akan diarahkan untuk mengisi form pendaftaran sesuai dengan kebutuhan peserta. Untuk proses video call, peserta akan dihubungi oleh petugas sesuai dengan waktu layanan yang dipilih oleh peserta pada saat pengisian formulir pendaftaran sehingga diharapkan peserta tetap stand by ketika dihubungi via video call oleh petugas,” papar Ayu.

Kehadiran layanan Astrovica dinilai baik oleh peserta, salah satunya Atten peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang dikenal juga sebagai peserta mandiri. Atten mengakui puas saat menggunakan layanan Astrovica untuk melakukan perubahan kelas.

“Saya puas dengan layanan ini. Mulai dari proses daftar hingga dilayani oleh petugas mudah dipahami. Penjelasan yang diberikan oleh petugas pun demikian sehingga tidak butuh waktu lama perubahan kelas pada kepesertaan saya bisa diselesaikan. Layanan ini sangat membantu peserta karena tidak perlu lagi mendatangi kantor jika ingin mendapatkan pelayanan administrasi,” ujar Atten.