Barang Malaysia Bebas Masuk tanpa Pengawasan Petugas, Ini Penjelasan Bea Cukai Parepare

  • Whatsapp
Barang Malaysia Bebas Masuk tanpa Pengawasan Petugas, Ini Penjelasan Bea Cukai Parepare
Kantor Bea Cukai Parepare

PAREPARE, UPEKS.co.id – Produk barang Malaysia kini marak diperjualbelikan secara terang-terangan di sejumlah toko yang ada di Kota Parepare. Masuknya barang asal negeri Jiran ini melalui pintu Pelabuhan Nusantara Parepare.

Saat dikonfirmasi melalui via WhatsApp, Bea Cukai Parepare melalui Kasi Penyuluhan, Suparji, mengatakan, setahu dia kapal dari Nunukan (mengangkut barang Malaysia) yang sandar di pelabuhan Parepare, bukan dari Malaysia, tetapi antar sudah antar pulau.

Bacaan Lainnya

“Jadi kita tidak bisa melakukan pemeriksaan karena tusi kami hanya pengawasan dan pelayanan atas barang ekspor dan impor,” katanya, Sabtu (6/11/2021).

Saat ditanya terkait upaya Bea Cukai Parepare menyikapi maraknya barang Malaysia yang masuk melalui pelabuhan Parepare, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bea Cukai Nunukan sebagai jalur masuknya barang Malaysia.

“Jadi kami anggap barang yang ke Parepare sudah diselesaikan kewajiban importasinya berupa pajak dan bea masuknya, kalau memang benar barang itu dari luar negeri,” ujar Suparji kepada Upeks.co.id.

Produk Barang Malaysia Marak Masuk Melalui Pintu Pelabuhan Parepare

Seperti diberitakan sebelumnya, yang disebutkan tak ada satu pun petugas otoritas pelabuhan yang melakukan pengawasan soal masuknya barang Malaysia melalui Pelabuhan Nusantara Parepare. Dimana barang Malaysia masuk ke Parepare dua kali seminggu menggunakan kapal rute Nunukan-Parepare. Kepala KSOP Parepare, Triono, yang berusaha dikonfirmasi namun hingga berita kembali diturunkan, beliau belum merespon. (AU)