Bappenas: Mimpi Kami di Pusat Telah Terlaksana di Bantaeng

  • Whatsapp
Bappenas: Mimpi Kami di Pusat Telah Terlaksana di Bantaeng

BANTAENG,UPEKS.co.id — Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan. Bappenas, Pungky Sumadi, MCP, PH.D, menyatakan semua konsep yang dimimpikan di pusat ternyata sudah terlaksana di Bantaeng.

Demikian pernyataan yang penuh dengan kekaguman saat melihat langsung hasil ujicoba inovasi KOMPAK di Kantor Desa Biangloe, Kecamatan Pa`jukukang Kabupaten Bantaeng. Pak Pungky selaku Ketua Panitia Pengarah KOMPAK (Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan) Program kemitraan Pemerintah Indonesia dengan Australia saat bersama Tim KOMPAK Pusat, Provinsi dan Kabupaten Bantaeng mengunjungi Kabupaten Bantaeng sehari penuh kemarin, Jumat 12 November 2021

Bacaan Lainnya

Bappenas: Mimpi Kami di Pusat Telah Terlaksana di Bantaeng

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat langsung di lapangan berbagai praktik inovasi pelayanan dasar yang telah diujicobakan KOMPAK. Inovasi tersebut antara lain: Aplikasi SIADEK (Sistem Administrasi Desa dan Kelurahan), Digitalisasi Monografi Desa dan Kelurahan (SEPAKAT DESA), LABKD (Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa), Posko Aspirasi Desa dan Sekolah Anggaran Desa, BPD PERKASA (Badan Permusyawaratan Desa – Perempuan Kawal Desa) dan Pengembangan Ekonomi Lokal melalui Konsep Keperantaraan Pasar.

Kunjungan Tim ini diawali dengan silaturahmi dan jamuan sarapan bersama Wakil Bupati Bantaeng, Drs. Sahabuddin di rumah jabatan Wakil Bupati (Wabup) Bantaeng dengan berbagai menu tradisional.

Pada jamuan pagi tersebut, Kepala Bidang Perencanaan Bappeda Bantaeng Indra Wahyudi Rahmat melaporkan Progres pelaksanaan Aplikasi Digitalisasi Monografi Desa dan Kelurahan (SEPAKAT DESA) dan beberapa persiapan lanjutannya.

Kemudian disusul Laporan Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Bantaeng Subhan, terkait rancangan dan pelaksanaan uji coba Aplikasi SIADEK (Sistem Administrasi Desa dan Kelurahan). Dilaporkan pula oleh Manajer SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu) Sipakatau Bantaeng, Andi Shernylia Maladevi, terkait Integrasi SIADEK, LABKD, SEPAKAT DESA untuk pemutakhiran DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Usai silaturahmi, kunjungan Bappenas dan KOMPAK selanjutnya adalah melihat langsung inovasi Aplikasi SIADEK (Sistem Administrasi Desa dan Kelurahan), Digitalisasi Monografi Desa dan Kelurahan (SEPAKAT DESA), LABKD (Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa), Posko Aspirasi Desa dan Sekolah Anggaran Desa, BPD PERKASA (Badan Permusyawaratan Desa – Perempuan Kawal Desa).

Setelah melihat langsung inovasi pelayanan dasar tersebut, Pak Pungky sangat terkesan dan tak mampu menyembunyikan rasa kekagumannya menyaksikan inovasi tersebut.
Kunjungan Tim ini dilanjutkan di Desa Labbo, Desa yang berada di atas gunung untuk melihat langsung Demplot (pembibitan kopi) dan berdialog langsung dengan petani kopi dan Perwakilan PT. Sulotco Abadi Jaya sebagai praktik pengembangan ekonomi melalui konsep Keperantaraan pasar.

Kemudian diakhiri dengan menyaksikan Proses pengelolaan kopi di Sentra Pengelolaan Kopi Banyorang Kecamatan Tompobulu. Selain Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan. Bappenas, pada kunjungan ini ikut pula dari Pihak KOMPAK, Team Leader Anna Winoto, Ted Weohau (Direktur Implementasi), Atiq Rahman (Direktur Operasional, Dewi Sudharta (Wakil Direktur Implementasi, Lily Ho (Lead Performance), Slamat (Spesialis SIADEK), Ahmar Djalil (Provincial Manajer Sulawesi Selatan), Sarwan Sahabuddin (Koordinator Penguatan Desa dan Kecamatan), Amri Liwang (Koordinator Pengembangan Ekonomi Lokal), Baharuddin Solongi (District Coordinator Bantaeng).

Pihak Pemerintah Kabupaten Bantaeng, yang menerima kunjungan ini antara lain, Wakil Bupati Bantaeng, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Kadis Kominfo, Kabid Perencanaan dan Kabid Ekonomi Bappeda. Kepala Desa Biangloe, Kepala Desa Labbo dan Direktur BUMDES Ganting. (Irwan Patra)