Pemkab Bantaeng Kerja Sama KOMPAK Gelar Workshop Rakorcam Tematik

  • Whatsapp
Pemkab Bantaeng Kerja Sama KOMPAK Gelar Workshop Rakorcam Tematik

BANTAENG, UPEKS.co.id — Pemerintah Kabupaten Bantaeng bekerja sama dengan KOMPAK Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Workshop Rapat Koordinasi Kecamatan (Rakorcam) Tematik: LABKD (Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa) – SIADEK (Sistem Informasi Desa dan Kelurahan) – Pengembangan Ekonomi Lokal Bantaeng secara virtual.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Bantaeng, Asruddin, S.IP,MSi, juga dihadiri Kadisdukcapil Bantaeng Drs.H.Ali Imran, MM, Ahmar Djalil (Provincial Manager KOMPAK Sulsel), Sarwan Sahabuddin (KVSC KOMPAK Sulsel), serta Tim KOMPAK Sulsel lainnya.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini diikuti 75 peserta yang berasal dari OPD, Pemerintah Kecamatan, P3MD, SLRT SIPAKATAU, SEKAR DESA, Koordukcapil, BPD, Disabilitas, Media dan KOMPAK, berlangsung selama empat hari yaitu mulai tanggal 21 s.d 24 September 2021.

DC KOMPAK Bantaeng, Baharuddin Solongi, mengatakan kegiatan dilaksanakan dengan tujuan peningkatan kapasitas kecamatan terkait dengan Isu Tematik: LABKD – SIADEK dan Pengembangan Ekonomi Lokal Bantaeng.

“Selain itu, memberikan pemahaman tugas dan fungsi kecamatan/PTPD sebagai pembina aparatur desa dalam memperkuat pelayanan dasar khususnya yang terkait dengan Isu LABKD- SIADEK dan Pengembangan Ekonomi Lokal Bantaeng,” jelasnya.

Menurut Baharuddin, workshop juga dapat memberikan pemahaman strategi Perencanaan dan Penganggaran Desa dalam mengawal Isu Tematik tersebut. Serta memberikan pemahaman tentang Binwas Desa terkait perencanaan pembangunan desa, pengelolaan keuangan desa dan pembuatan peraturan desa terkait Isu Tematik.

“Adapun yang diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya kapasitas dan pemahaman atas tugas dan fungsi kecamatan/ PTPD sebagai pembina aparatur desa dalam memperkuat pelayanan dasar. Serta meningkatnya pemahaman strategi perencanaan dan penganggaran desa dalam mengawal Isu Tematik LABKD – SIADEK -Pengembangan Ekonomi Lokal Bantaeng,” terangnya.

“Begitu pun adanya draf Rencana Program dan kegiatan yang terkait dengan LABKD, SIADEK dan Pengembangan Ekonomi Lokal sebagai basis bagi kecamatan untuk mengawal program dan kegiatan tersebut masuk dalam perencanaan dan penganggaran Desa 2022,” pungkasnya. (Irwan Patra)

Pos terkait