LP2M UIN Alauddin Audiens dengan Bupati Pinrang

  • Whatsapp
LP2M UIN Alauddin Audiens dengan Bupati Pinrang

PINRANG, UPEKS.co.id — Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Kamis, 2 September 2021, melakukan audiens dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pinrang, di ruang kerja Wakil Bupati Pinrang. Audiens dilaksanakan dalam rangka penempatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN), di daerah itu.

Dalam kesempatan itu, LP2M UIN Alauddin diwakili oleh Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat, Dr. M. Shuhufi, M.Ag., dan Fungsional Kerja Sama LP2M, Taufan Makmur, S.Ag. Sedangkan Pemkab Pinrang diwakili oleh Wakil Bupati, Drs. H. Alimin, M.Si, didampingi Asisten II, Drs. Abdul Rahman.

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati pada pertemuan yang berlangsung sangat akrab itu, mengapresiasi kunjungan LP2M sebagai upaya membangun silaturahmi antar Perguruan Tinggi Islam dengan Pemerintah Kabupaten Pinrang.

‘’Saya berharap program ini ke depan bisa berjalan secara sinergitas, melalui berbagai kegiatan yang nyata seperti pada bidang keagamaan, pendidikan dan pengabdian pada masyarakat, dengan melibatkan beberapa perguruan tinggi,’’ jelasnya.

Beberapa program yang dianggap prioritas, sebut Wakil Bupati, akan dilakukan nantinya bersama mahasiswa KKN, seperti pengembangan dan pembelajaran siswa didik di sekolah-sekolahbdi Kabupaten Pinrang dan pembinaan keagamaan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Sementara itu Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat, Shuhufi, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Pinrang yang telah menyatakan kesiapan bekerja sama dengan UIN Alauddin Makassar.

‘’Kita tetap harus memikirkan bahwa selama pandemi, pembelajaran sangat tertunda, sehingga perlu prioritas untuk mengejar ketertinggalan-ketertinggalan yang ada. Sementara di bidang keagamaan akan dilakukan berupa kegiatan dakwah (ceramah agama) dan pengembangan Tilawatil Qur’an,’’ tandas Shuhufi.

LP2M, lanjutnya, memilih prioritas pengembangan pembelajaran tatap muka di sekolah, karena juga menjadi ajang latihan mahasiswa sebagai upaya pengembangan diri pada masyarakat, dengan memberikan pengetahuan, keterampilan, bimbingan, dan menjadi motivator bagi masyarakat sekitar.

Fungsional Kerja Sama LP2M, Taufan Makmur, S.Ag menambahkan, tahun ini pihaknya akan menerjunkan sebanyak 217 mahasiswa KKN ke daerah binaan, dan khusus di Kabupaten Pinrang sebanyak 31 mahasiswa yang siap melakukan KKN yang rencana akan berlangsung pada bulan Oktober mendatang. (rls)