BPJS Kesehatan Ambon Apresiasi Rumah Sakit Paling Berkomitmen Tahun 2021

  • Whatsapp
BPJS Kesehatan Ambon Apresiasi Rumah Sakit Paling Berkomitmen Tahun 2021

Bacaan Lainnya

 

Ambon, upeks.co.id- BPJS Kesehatan Cabang Ambon mengapresiasi Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) atau rumah sakit yang berkomitmen melakukan pelayanan kesehatan dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Selasa (07/09).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, HS Rumondang Pakpahan menyampaikan bahwa ada beberapa indikator yang digunakan dalam melakukan penilaian terhadap komitmen rumah sakit dalam melakukan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS. Beberapa di antaranya, yaitu profil rumah sakit, komitmen terhadap kualitas pelayanan dalam pelaksanaan kerja sama, dan kualitas pengelolaan klaim.

“Kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS perlu dijaga dan ditingkatkan. Dengan adanya penilaian dan penghargaan ini, harapannya rumah sakit bisa mengevaluasi dan memperbaiki kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS, sesuai dengan komitmen kerja sama yang sudah disepakati dengan BPJS Kesehatan,” ujar Mondang.

BPJS Kesehatan Cabang Ambon menetapkan beberapa rumah sakit sebagai nominasi FKRTL terbaik yang berkomitmen dalam melakukan pelayanan JKN-KIS tahun 2021, yaitu RSUD dr. M. Haulussy untuk rumah sakit tipe B, RS Tk II Prof dr J.A. Latumenten untuk rumah sakit tipe C, dan RS Bhayangkara Tantui untuk rumah sakit tipe D.

“Rumah sakit yang kami tetapkan merupakan fasilitas kesehatan yang secara penilaian, memiliki nilai baik dalam komitmennya melakukan pelayanan kesehatan terhadap perserta JKN-KIS di tahun 2021 ini. Sumber data yang kami gunakan, berasal dari indeks pencapaian FKRTL di bulan Agustus 2021 dan kondisi terbaru FKRTL dari hasil validasi BPJS Kesehatan Cabang Ambon,” papar Mondang.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD dr. M Haulussy, Rodrigo Limmon menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan atas evaluasi dan penilaian yang dilakukan sehingga bisa memacu rumah sakit untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, termasuk peserta JKN-KIS tanpa ada diskriminasi.

“Saya berterima kasih RSUD dr. M Haulussy dipilih sebagai nominasi rumah sakit yang berkomitmen dalam pelayanan JKN-KIS tahun 2021. Semoga dengan penilaian ini kami bisa meningkatkan kinerja dan pelayanan kami kepada peserta JKN-KIS dan selalu teguh memegang pakta integritas sesuai perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan,” kata Limmon. (yr)