Aplikasi P-Care Vaksinasi Mudahkan Kabupaten Maros Kebut Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp
Aplikasi P-Care Vaksinasi Mudahkan Kabupaten Maros Kebut Vaksinasi Covid-19

 

Maros, upeks.co.id– Aplikasi P-Care Vaksinasi di era pandemi Covid-19 saat ini sangat memudahkan vaksinator maupun masyarakat yang hendak menerima vaksinasi. Petugas cukup dengan melakukan pendataan warga yang hendak divaksinasi ke dalam sistem aplikasi P-Care Vaksinasi, sehingga tidak perlu lagi mengisi formulir pendaftaran secara manual. Data penerima vaksin akan tercatat dengan sendirinya dan tersimpan secara otomatis.

Bacaan Lainnya

Adanya aplikasi P-Care Vaksinasi yang digunakan oleh fasilitas kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat mendapatkan respon positif dari fasilitas kesehatan penyelenggara. Kemudahan tersebut juga dirasakan oleh Petugas Puskesmas Tanralili Kabupaten Maros dr. Rita, yang ditemui oleh tim Jamkesnews di SMPN 2 Unggulan Maros pada Kamis (30/09).

“Aplikasi P-Care Vaksinasi ini memudahkan dalam pencatatan dan pelaporan kegiatan vaksinasi yang kami lakukan, karena di dalam aplikasi tersebut sudah ada data sasaran layak bagi penerima vaksinasi. Hanya saja sering ditemui kendala seperti data dari dukcapil yang belum online pada identitas kependudukan penerima vaksin yang gagal teridentivikasi, sehingga apabila kami menemui kondisi yang demikian kami melakukan pencatatan secara manual,” jelas Rita.

Ia juga mengatakan bahwa selama penggunaan apliksi P-Care Vaksin telah dilakukan update data pada aplikasi sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada dalam pelaksanaan vaksinasi. Ia pun mengapresiasi betapa besarnya peran dan keterlibatan BPJS Kesehatan dalam upaya percepatan penanganan Covid-19.

“Harapan kami, kedepannya BPJS Kesehatan akan terus mengembangkan aplikasi bantu seperti P-Care Vaksinasi ini dan dengan melakukan update serta penyempurnaan terhadap aplikasi P-Care Vaksinasi yang ada saat ini agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan,” ungkap Rita.

Di wilayah Kabupaten Maros sendiri peserta penerima vaksinasi telah mencapai 30% dari jumlah penduduk yang ada. Jumlah tersebut sesuai data yang ada pada aplikasi P-Care Vaksinasi.(Ti)