Unismuh Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa Gelombang Kedua untuk Maba 2021

  • Whatsapp
Unismuh Kembali Buka Pendaftaran Beasiswa Gelombang Kedua untuk Maba 2021

MAKASSAR, UPEKS.co.id – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali memberi kabar gembira bagi Mahasiswa Baru Unismuh tahun 2021. Kampus yang berlokasi di Jl Sultan Alauddin ini, akan membuka pendaftaran beasiswa gelombang kedua.

Demikian disampaikan Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda kepada media, di Kampus Unismuh Makassar, Senin (5/7/2021).

Bacaan Lainnya

Rakhim mengungkapkan bahwa kebijakan beasiswa ini telah berjalan selama dua tahun. “Kebijakan ini merupakan bagian dari komitmen Unismuh untuk menyiapkan SDM berkualitas,” jelasnya.

Beasiswa tersebut, lanjut Rakhim, sama dengan beasiswa Gelombang I, yang dibuka Februari-Mei 2021. “Beasiswa ini terdiri dari tiga kategori, yakni beasiswa Hafidz Quran, Beasiswa Prestasi Akademik, dan Beasiswa Bibit Unggul Persyarikatan,”

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unismuh Makassar Dr Bahrun Amin menjelaskan bahwa penerima beasiswa akan mendapatkan keringanan hingga pembebasan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP – yang dibayar satu kali selama kuliah) dan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP – yang dibayar tiap semester).

Beasiswa Hafidz Quran

Beasiswa Hafidz Quran, kata Bahrun, terdiri dari lima kategori. Pertama, SPP dan BPP 100% selama 8 semester, bagi penghafal 30 juz mutqin (muraja’ah).

Kedua, lanjut Bahrun, bagi penghafal 30 juz tapi belum mutqin atau hafal 20 juz mutqin akan diberikan beasiswa 75% SPP dan BPP selama 8 semester.

“Kategori ketiga, penghafal 15 juz mutqin akan diberikan beasiswa 50% SPP dan BPP selama 8 semester. Kategori Keempat, kalau hafalannya 10 juz mutqin, kita akan berikan beasiswa 30% SPP dan BPP selama 8 semester,” jelas Bahrun.

Kategori terakhir, lanjutnya, penghafal 3 juz mutqin akan diberikan beasiswa 10% SPP dan BPP selama 8 semester.

Beasiswa Prestasi Akademik

Beasiswa prestasi akademik terdiri empat kategori, Rangking I Umum di Sekolah (Kategori I), Rangking I di Kelas atau Ujian Akhir (Kategori II), Rangking II dan III di Kelas atau Ujian Akhir (kategori III), Rangking IV dan V di Kelas atau Ujian Akhir (kategori IV).

“Untuk beasiswa prestasi akademik, kategori I akan bebas 100% untuk SPP dan BPP. Kategori Bebas 100% BPP selama 8 semester. Kategori III, potongan 50% uang kuliah selama 8 semester, sedangkan kategori IV akan dapat potongan 25% uang kuliah selama 8 semester,” urai Bahrun.

Beasiswa Bibit Unggul Persyarikatan

Kepala UPT PMB Unismuh Makassar ini menambahkan, Unismuh juga memiliki komitmen mendukung proses kaderisasi Bibit Unggul di Persyarikatan
Muhammadiyah. Oleh karena itu pihaknya juga memberikan beasiswa khusus bagi Aktivis Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Dengan empat kategori.

“Kategori I, Beasiswa SPP dan BPP 100% selama 8 semester bagi mantan Ketua atau Ketua Pimpinan Wilayah (PW) /Pimpinan Daerah (PD) IPM yang sedang menjabat,” sambungnya.

Selanjutnya Kategori II, kata Bahrun, bagi para mantan atau yang sedang menjabat Sekretaris dan Bendahara PW/PD IPM akan diberikan beasiswa BPP 100% selama 8 semester.

“Kategori III, Untuk mantan atau Wakil Ketua, Wakil Sekretaris, dan Wakil Bendahara PW/PD IPM, akan diberikan beasiswa BPP 75% selama 8 semester,” ungkapnya.

Kategori IV, untuk para mantan atau Anggota Bidang di PW/PD IPM, sebanyak 50% uang kuliah selama 8 semester. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui https://beasiswa.unismuh.ac.id/.(Rasak)

 

Pos terkait