Lurah Kapasa Raya Imbau Ketua RT/RW Dampingi Tim Detektor

Lurah Kapasa Raya Imbau Ketua RT/RW Dampingi Tim Detektor

MAKASSAR, Upeks.co.id–Kepala Pemerintah Kelurahan Kapasa Raya Abu Bakar SE, Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar mengimbau kepada Ketua Rukun Tetangga dan Ketua Rukun Warga (RT/RW) di wilayah masing-masing untuk mendampingi Satgas Detektor Covid dalam melakukan pendataan warga melalui aplikasi.

Hal tersebut diungkapkan Lurah Kapasa Raya saat menghadiri reses ketiga masa persidangan ketiga tahun sidang 2020/2021 Anggota DPRD Kota M Yahya di Kelurahan Kapasa Raya, Kamis (15/7/2021). “Tidak ada vaksin, karena hanya pendataan kesehatan warga berdasarkan KK,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, menyampaikan program Makassar Recover yang digagas Pemkot Makassar bertujuan mengendalikan pandemi Covid-19, dimana saat ini berada di zona orange.

“Tabe kerjasama ta semua warga untuk membuat Kapasa Raya menjadi zona hijau. Karena minggu lalu sudah muncul lima kasus positif. Kemudian, muncul kasus baru tiga kasus sehingga sehingga menjadi delapan. Sekarang ini sudah ada tambshan kasus, “ungkapnya.

Dia juga menyampaikan bagi pihak yang selalu menyebar informasi yang tidak benar agar tidak melakukan hal itu. Pasalnya, Pemkot Makassar akan melakukan pencarian untuk melakukan tindakan.

Untuk diketahui Pemkot meresmikan sebanyak 15.306 detektor pada 3 Juli lalu. Oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, satgas ini akan melengkapi dua satgas sebelumnya, akan melakukan pencegahan Covid-19 di Makassar. Sampai ke rumah-rumah warga.

Satgas Detektor diturunkan langsung dengan menyasar setiap rumah di lingkungan RT. Untuk mendeteksi status kesehatan masyarakat. Jika ada masyarakat yang ditemukan terkonfirmasi positif Covid-19, maka menjadi tugas Covid Hunter untuk melakukan tracing, testing, dan treatment.

Sementara anggota legislatif asal Partai NasDem M Yahya, menyebutkan Satgas Detektor Kota Makassar melibatkan 15.306 orang relawan. Terdiri dari 10.000 relawan, 5.000 tenaga kesehatan, dan 306 dokter yang bertugas di 153 kelurahan.

“Tim ini juga dilengkapi dengan 306 orang dokter. Masing-masing dua dokter per kelurahan. Mereka bertugas di 153 Posko Kontainer Makassar Recover Center,” ungkapnya.

Khusus Kapasa Raya, Abu Bakar menyebutkan tim detektor sebanyak 66 orang dan nakes 33 orang.

Satgas Detektor bergerak dari rumah ke rumah. Tujuannya, untuk mendeteksi kesehatan seluruh masyarakat Kota Makassar. Mulai cari cek kesehatan, saturasi oksigen, tekanan darah, dan suhu tubuh.

Hadir dalam kesempatan reses tersebut Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kapasa Raya Aiptu M. Arfah, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Pelda Iqbal, Ketua Tim Bijanta Fachruddin Hafid dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. (rls)