Kedua Kalinya Polisi Bulukumba Gabung Misi PBB, Begini Cerita Brigadir Syamsu Rijal

Kedua Kalinya Polisi Bulukumba Gabung Misi PBB, Begini Cerita Brigadir Syamsu Rijal
Brigadir Syamsu Rijal.

BULUKUMBA, UPEKS.co.id – Suatu kebanggaan tersendiri jika seorang Polisi bergabung dalam misi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Hanya anggota Polri terpilih terbaik saja yang bisa di panggil untuk bergabung dalam misi PBB.

Mungkin masyarakat awam khususnya di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) masih asing dengan sebutan Pasukan Bhayangkara atau lebih dikenal dengan sebutan Form Police Unit (FPU), namun tidak dengan Brigadir Syamsu Rijal.

Bacaan Lainnya

Anggota Polres Bulukumba yang bertugas di Satuan Intelkam Unit Politik, Brigadir Syamsu Rijal sekarang sedang mengikuti pelatihan pra penugasan ke misi PBB Multidimensional Integrated Stabilisation Mission in thé Central Africa République (Minusca) di Afrika tengah.

Pria kelahiran Kabupaten Bulukumba 24 Desember 1987, bercerita, sebelumnya dia sudah pernah mengikuti penugasan di Darfur Sudan selama 14 bulan, pada tahun 2018-2019 tergabung dalam Satgas FPU 10 UNAMID, yang mana pada saat itu melaksanakan tugas PBB di dua tempat yang berbeda yakni di El Fasher dan pelaksanaan relokasi Camp Indonesia ke Golo TOB, yang berjarak kurang lebih 300 km dari El Fasher dengan perjalanan darat selama 3 hari.

Saat ini dirinya bersama 153 orang dari seluruh Indonesia bergabung dalam satgas FPU 3 Minusca fokus melaksanakan proses kegiatan Pra penugasan tahap 3 yang sebelumnya pada bulan April hingga bulan Juni melaksanakan Pra penugasan tahap 1 dan 2.

Sekadar diketahui bahwa proses seleksi diselenggarakan oleh SSDM POLRI dengan proses seleksi yang sangat ketat dan transparan dan diikuti oleh putra-putri terbaik Polri seluruh Indonesia.

“Setelah dinyatakan lulus selanjutnya 154 personil yang terpanggil melaksanakan latihan pra penugasan bertempat di Pusdik lantas Serpong Tangerang, selanjutnya di bawah kendali Divisi Hubungan Internasional (DHI) Selaku penanggung jawab kegiatan Pra Penugasan hingga pemberangkatan ke daerah misi,” kata Brigadir Syamsu Rijal, Jumat (9/7/2021).

Adapun jadwal rotasi dari kontingen FPU 2 ke FPU 3 Minusca dijadwalkan pada bulan September 2021, dan pada saat proses latihan pra penugasan tetap memperhatikan protokol kesehatan guna memutus penyebaran virus covid-19.

“Dalam situasi dan kondisi Covid seperti saat ini tidak mudah untuk melaksanakan Pra Penugasan karena ada beberapa aturan yang harus di ikuti yaitu tetap memakai masker, mencuci tangan, dan tidak berkumpul menjadi tantangan tersendiri bagi peserta pra penugasan karena di satu sisi di tuntut membentuk tim building. Namun, di sisi lain protokol kesehatan harus dipatuhi, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat peserta pra penugasan untuk menyerap materi yang telah disiapkan oleh panitia melalui instruktur,” jelas Syamsu Rijal.

Dirinya berharap kedepannya makin banyak putra-putri Polri khususnya di Polres Bulukumba untuk mengembangkan kemampuan tugas dengan bergabung dengan misi PBB, agar pola pikir harus di kembangkan dan tidak cepat puas dengan pencapaian yang ada saat ini.

“Tak lupa mengingatkan kepada seluruh anggota Polri agar senantiasa memacu diri dan mengeksplorasi kemampuan dalam hal bahasa asing, karena saat ini kejahatan tidak hanya dari dalam negeri saja namun sudah banyak pelaku-pelaku dari luar juga, sehingga kecakapan berbahasa sangat di butuhkan untuk mendukung tugas- tugas Kepolisian,” harapnya.

Menjadi kebanggaan bagi Polres Bulukumba, dan Kabupaten Bulukumba pada umumnya, pasalnya sejak berdirinya Polres Bulukumba belum pernah ada yang berangkat ke misi PBB. Namun setelah mengikuti seleksi ketat Brigadir Syamsu Rijal terpilih untuk kedua kalinya gabung misi PBB. (sufri)