JKN-KIS Kuatkan Rente, Sang Tulang Punggung Keluarga

  • Whatsapp
JKN-KIS Kuatkan Rente, Sang Tulang Punggung Keluarga
Narasumber : Rente

Kendari, Upeks.co.id – Rente (50) seorang wiraswasta dengan tanggungan istri dan lima orang anak yang sehari-hari bekerja sebagai tukang ojek dan berkebun. Saat ini ia telah terdaftar sebagai Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) yang akrab disebut sebagai peserta mandiri pada hak kelas III. Ia menyadari bahwa di masa pandemi seperti saat ini, menjadi peserta JKN-KIS sangatlah penting.

Saat Jamkesnews berkesempatan mewawancarai Rente, ia begitu terharu membagikan pengalaman yang ia rasakan sebagai tulang punggung keluarga yang jatuh sakit. Akibatnya ia tidak sanggup mencari nafkah dan harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

Bacaan Lainnya

“Adanya Program JKN-KIS ini sangat membantu saya. Saat itu saya harus harus dioperasi usus turun (hernia) dan harus dirawat selama beberapa hari di rumah sakit. Alhamdulillah pelayanannya sangat baik dan istri saya tidak mengalami kesulitan mengurus administrasi ditambah saya tidak mengeluarkan biaya sama sekali sehingga tidak mengurangi simpanan istri,” jelas Rente, Rabu (26/05).

Menurutnya, saat ini masyarakat Kota Kendari harusnya memiliki kesadaran untuk segera menjadi peserta JKN-KIS dan tentunya yang telah terdaftar baiknya tidak menunggak untuk melakukan pembayaran iuran.

“Kita tidak tahu, tiba-tiba saja kesehatan kita terganggu dan ternyata kartu JKN-KIS yang kita miliki tidak dapat digunakan hanya karena masalah menunggak iuran. Yang tadinya iurannya ringan jadi berat kalau kita menunggak. Apalagi iuran JKN-KIS sifatnya bergotong royong, tentunya ini meringankan masyarakat,” tambahnya.

Menjadi peserta JKN-KIS membuat Rente sadar saat ini biaya pelayanan kesehatan tidaklah murah. Tanpa keberadaan JKN-KIS di kehidupannya saat ini akan lebih sulit baginya untuk menjamin keberlangsungan hidup keluarganya jika uang sehari-hari digunakan untuk menutup biaya pelayanan kesehatan. Pengalaman yang Rente rasakan membuat ia terus mendukung Program JKN-KIS dan berharap terus semakin baik ke depannya.

”Semoga masyarakat luas makin sadar pentingnya menjadi peserta JKN-KIS dan saya ucapkan terima kasih banyak untuk pemerintah yang telah menjaga keberlangsungan sistem jaminan sosial nasional seperti ini,” ucap Rente.(jamkesnews)

Pos terkait