Sejak Pandemi Covid-19, Ratusan Naker di Kolaka Dirumahkan

  • Whatsapp
Sejak Pandemi Covid-19, Ratusan Naker di Kolaka Dirumahkan
Kadis Nakertrans Kolaka, H Andi Sastra Pangerang Umar

KOLAKA, UPEKS,co.id —Sejak merebaknya pandemi Covid-19 pada Maret 2020 lalu, salah satu sektor cukup merasakan dampaknya adalah tenaga kerja (Naker).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), H Andi Sastra Pangerang Umar dikonfirmasi terkait hal tersebut, membenarkan bahwa sejak pandemi Covid-19 salah satu sektor cukup merasakan dampaknya adalah para Naker yang tersebar di berbagai perusahaan, perhotelan dan sektor usaha lainnya.

Bacaan Lainnya

“Jadi salah satu dampak merebaknya Covid-19, ada sekira 250 naker yang dirumahkan, tetapi pihak perusahaan masih membayar gajinya setengah,” jelas Sastra saat ditemui Upeks di ruang Command Centre Pemda Kolaka, Rabu (23/6/2021)

Terhadap apa yang dialami para Naker tersebut kata Sastra, untuk meringankan beban hidup para Naker, Pemerintah tidak menutup mata. Setiap bulan Pemprov Sultra dan Pemda Kolaka memberikan bantuan sembako.

“Tetapi itu hanya berlangsung beberapa bulan saja, menjelang pertengahan tahun 2020 Naker yang dirumahkan itu hampir semua sudah diperkerjakan kembali oleh masing-masing perusahaan,” ujar Sastra mantan Kadis Pertambangan.

Selian itu kata Sastra, masih dalam suasana pandemi memiliki tanggung jawab dalam mempercepat penanggulangan penyebaran Covid-19, pihaknya selalu menegaskan kepada semua perusahaan maupun Naker agar taat dan mematuhi protokol kesehatan (Protkes) yakni selalu memakai masker, menjaga jarak, selalu mencuci tangan di setiap wadah disiapkan, serta menghindari kerumunan.

Menurutnya, dengan kondisi Kolaka saat ini sudah menjadi zona hijau terhadap penyebaran Covid-19, telah dibarengi dengan bangkitnya perekonomian masyarakat.

“Kita semua berharap perputaran ekonomi kita di Kolaka semakin baik. Faktanya di setiap pasar maupun pusat perbelanjaan tidak pernah sepi. Itu menandakan bahwa aktivitas perekonomian masyarakat sudah pulih kembali,” ujar Astra yang juga anak mantan Bupati Kolaka. (Pil)

 

Pos terkait