ITB Kalla Siap Melahirkan Alumni Berdaya Saing Tinggi

  • Whatsapp
ITB Kalla Siap Melahirkan Alumni Berdaya Saing Tinggi

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Kalla, Syamril menyebut pada masa saat ini dunia telah berubah, sedang berubah, dan terus berubah. Sebab itu, generasi muda harus bersiap menghadapi masa depan yang penuh perubahan.

“Masa industri 4.0 menuntut dunia pendidikan melakukan penyesuaian diri dalam sisi kurikulum, proses belajar, people (orang) dan teknologi,” kata Syamril, Senin (14/6/2021)

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan tantangan bagi para lulusan Perguruan Tinggi yaitu ketersediaan lapangan kerja semakin sedikit dibandingkan dengan sarjana atau lulusan Perguruan Tinggi yang membutuhkan pekerjaan.

“Data tahun 2019 dari Kemendikbud menunjukkan di Sulsel terdapat 59.567 sarjana. Namun hanya tersedia 11.253 lapangan kerja atau hanya 19% dari kebutuhan. Artinya terdapat 81% yang tidak terserap atau menganggur. Data BPS 2020 juga menunjukkan jumlah pengangguran terbuka tingkat Sarjana yang terus bertambah sebanyak 31% dari 746 ribu pada tahun 2019 menjadi 941 ribu pada tahun 2020,” ungkap

Syamril menegaskan solusinya yaitu Perguruan Tinggi harus siap melahirkan profesional yang berdaya saing tinggi dan calon pengusaha yang siap membuka lapangan kerja. Institut Teknologi dan Bisnis Kalla (ITB Kalla) hadir untuk menjadi bagian dari solusi : Siap Melahirkan Pengusaha dan Professional Masa Depan.

“Institut Teknologi dan Bisnis Kalla Merupakan Kampus dengan Pengajaran yang bersumber dari Experience dan Best Practice Kalla Group yang berpadu dengan Realitas Dunia Bisnis Masa Depan,” ungkapnya.

Syamril menuturkan alumnus Kampus ITB Kalla akan memiliki kompetensi sebagai Calon Entrepreneur Masa Depan karena ITB Kalla memiliki kurikulum entrepreneur hasil benchmark sekolah bisnis terbaik, dipadukan experience dan best practice Kalla Group dan perusahaan lainnya. Juga ada sharing dan bimbingan dari praktisi bisnis yang berpengalaman, dan magang dan belajar langsung merintis bisnis (kuliah sambil berwirausaha).

“Alumnus ITB Kalla juga siap menjadi Professional di Kalla Group (prioritas utama) dan perusahaan besar lainnya karena ITB Kalla mendesain kurikulum hasil diskusi dengan Dunia Usaha dan Industri. Tenaga pengajar selain akademisi juga praktisi dan profesional Kalla Group (Direksi dan Manajer). Lalu pada sesi tertentu diadakan Profesional Sharing dari berbagai perusahaan di Kalla Group dan non Kalla Group,” ungkapnya. (Rasak).