Gelar Sosialisasi CBP Rupiah, BI Kumpul Insan Media di Makassar

  • Whatsapp
Gelar Sosialisasi CBP Rupiah, BI Kumpul Insan Media di Makassar

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Bank Indonesia (BI) menggelar sosialisasi dan edukasi terkait Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah. Untuk menyebarluaskan program tersebut, BI mengumpulkan insan media se- Sulsel, di Four Points Hotel Makassar, Sabtu (26/6/2021).

Menurut Kepala KPw BI Sulsel, Budi Hanoto, di tengah meningkatnya tren digitalisasi, BI sebagai otoritas sistem pembayaran, menilai penting untuk terus melakukan sosialisasi tersebut.

Bacaan Lainnya

“Meskipun tren (uang rupiah) cash rendah, tapi sosialisasi ini tetap kami lakukan. Program CBP Rupiah kami lakukan melihat rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa. Ini juga bentuk perang kita pada peredaran uang palsu,” ungkap Budi.

Dijelaskan, program CBP Rupiah merupakan salah satu upaya untuk menguatkan nilai Rupiah di Indonesia, mengingat ini sangat berdampak pada nilai tukar.

Edukasi Rupiah yang selama ini dipahami masyarakat, sambung dia, cenderung terbatas pada kelayakan kondisi fisik uang. Kini, edukasi Rupiah diperluas tidak hanya untuk memahami Rupiah sebagai uang tunai, namun juga sebagai uang nontunai.

“Edukasi Rupiah telah mengalami rebranding yang awalnya berfokus pada fisik uang yaitu 3D dilihat, diraba, diterawang, dan jangan dilipat, jangan diremas, jangan dibasahi, dan jangan distapler, menjadi edukasi yang holistik yaitu Cinta, Bangga dan Paham Rupiah,” katanya.

Gelar Sosialisasi CBP Rupiah, BI Kumpul Insan Media di Makassar

KPw BI Sulsel sendiri sebelumnya telah melaksanakan sosialisasi CBP Rupiah kepada industri ritel dan perbankan.

Setelahnya, BI Sulsel akan melakukan sosialisasi ke seluruh kabupaten kota di Sulsel, untuk mengampanyekan rasa cinta bangga, dan paham Rupiah kepada seluruh elemen masyarakat.

“Sosialisasi CBP Rupiah melibatkan insan media, mengingat media merupakan kanal penting untuk mengkomunikasikan dan memberikan informasi secara langsung kepada masyarakat. Melalui media, kami diharapkan dapat mendukung BI dalam mengkomunikasikan pesan CBP Rupiah kepada masyarakat secara lebih luas,” pungkasnya. (eky)

Pos terkait