Dinsos Kolaka Verifikasi Data Kelayakan Penerima Bansos

  • Whatsapp
Dinsos Kolaka Verifikasi Data Kelayakan Penerima Bansos
Kadis Sosial bersama para Kabid usai melakukan Rakor validasi penerima Bansos.

KOLAKA, UPEKS.co.id– Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan rapat koordinasi (Rakor) persiapan pelaksanaan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan kelayakan penerima bantuan sosial.

Kadis Sosial, H Akbar memimpin langsung Rakor yang digelar di aula Bappeda Kolaka, Senin (21/6/2021). Dihadiri Camat, Lurah dan Kades dan instansi terkait.

Bacaan Lainnya

Usai memimpin Rakor, Akbar yang dikonfirmasi awak, menjelaskan Rakor ini dilaksanakan sebagaimana diatur oleh Permensos RI, bahwa penerima Bansos dilakukan verifikasi satu kali setiap tahun, agar penerima Bansos tepat sasaran.

“Mengapa perlu dilakukan verifikasi dan validasi bagi setiap warga penerima Bansos tujuannya agar tepat sasaran,” tegas Akbar.

Menurutnya, untuk memperoleh data yang valid maka dilibatkan para Camat, Lurah dan Desa dalam melakukan validasi dibantu dengan pendamping di lapangan. Mulai dari penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS), PKH, bantuan subsidi lampu dan Bansos lainnya.

“Jadi untuk mendapatkan data akurat bagi penerima Bansos dengan melibatkan semua Camat, Lurah dan Desa,” ujarnya.

Dikatakannya ada sekira 12 ribu lebih data penerima Bansos yang harus diverifikasi dan divalidasi di lapangan nantinya akan disinkronkan dengan bank data dari DTKS.

“Nantinya data hasil verifikasi itu akan dimusyawarahkan mulai dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten melalui Musrenbang,” kata Akbar.

Dikatakannya bahwa angka penerima Bansos ini semakin berkurang di Kabupaten Kolaka.

“Sudah penurunan seribu orang tahun anggaran 2020, dan kita semua berharap angka penerima bansos di Kolaka bisa semakin menurun, “ harap Akbar. (pil)