Bantaeng dan Selayar Terbaik Pengelolaan Keuangan Daerah di Selatan Sulsel

  • Whatsapp
Bantaeng dan Selayar Terbaik Pengelolaan Keuangan Daerah di Selatan Sulsel

BANTAENG, UPEKS.co.id — Masyarakat Kabupaten Bantaeng patut bangga. Daerah berjarak 120 kilometer dari Makassar ini menjadi daerah terbaik pengelolaan keuangan di wilayah Selatan Sulsel.

Data yang dihimpun dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulsel menyebutkan selama masa pandemi Covid-19, sejumlah daerah mengalami penurunan opini keuangan daerah. Tetapi khusus, untuk wilayah selatan Sulsel, hanya ada dua daerah di Sulsel yang mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Keduanya adalah Bantaeng dan Kepulauan Selayar. Tercatat, mulai dari Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto dan Bulukumba hanya bisa meraih opini Wajar dengan Pengecualian (WDP).

Bacaan Lainnya

Bantaeng diketahui mempertahankan WTP ke enam kalinya. Sedangkan Selayar mempertahankan opini WTP ke lima kalinya. Predikat WTP diberikan sebagai bukti bahwa laporan keuangan entitas yang diperiksa, menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

Kepala BPK RI Perwakilan Sulsel, Wahyu Priyono mengatakan, ada beberapa indikator untuk mendapat predikat WTP, mulai dari kesesuaian indikator laporan keuangan, pengungkapan informasi di laporan keuangan harus jelas dan detail.

Selanjutnya, BPK akan melihat adanya sistem pengendalian internal dari Instansi terkait. Ini dilakukan unruk melihat keefektifan sistem pengendalian internal. Terakhir, pelaksanaan anggaran harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan

Daerah yang mendapat predikat WTP pun diapresiasi oleh Wahyu Priyonoe mengingat adanya beberapa daerah mengalami penurunan.

 “Penurunan terjadi jika ada hal-hal yang mempengaruhi keuangan. Untuk tahun 2020 ini cukup memprihatinkan karena ada beberapa yang mengalami penurunan termasuk Prov. Sulsel, dan Kota Makassar yang meraih WDP

Kata dia, penghargaan dan predikat yang diberikan kepada setiap daerah berprestasi tetap mengacu terhadap standar yang ditetapkan dalam proses pemeriksaan LKPD.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan hasil tersebut berkat kerjasama semua pihak, karena itu ia berkomitmen untuk menjaga dan mempertahankan predikat tersebut.

“ini adalah bukti komitmen kami sebagai bagian dari keberlanjutan pemerintahan yang senantiasa menjaga apa yang telah baik di Bantaeng,” ucap Ilham Syah Azikin beberapa waktu lalu.(Irwan.Patra)