Dosen Unismuh Raih Kandidat Doktor di UNM

  • Whatsapp
Dosen Unismuh Raih Kandidat Doktor di UNM

 

Makassar, Upeks.co.id–Setelah dinyatakan lulus dalam ujian prelium tulis, mahasiswa program doktor di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs UNM) lanjut mengikuti ujian prelium lisan atau ujian gagasan awal. Ujian ini untuk mengubah status dari mahasiswa ke kandidat doktor.

Bacaan Lainnya

Ujian ini ditempuh Maria Ulviani, mahasiswa program S-3 Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, pada Kamis (6/5) via virtual zoom meeting dengan mengajukan judul gagasan disertasi “Karakteristik Pedagogik Femenisme Sastra Indonesia Modern Novel (Kajian Ekofemonisme).

Dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar ini mempertahankan gagasan awal disertasinya di depan tim penguji, yaitu Prof. Dr. Muhammad Rapi Tang, M.S., Prof.Dr. Anshari,M.Hum., Dr. Mayong, M.Pd., dan Dr. Muhammad Saleh, M.Pd.

Tim penguji menilai gagasan ini harus direvisi, penggabungan dua teori dapat membingungkan dalam kajian. Apalagi kalau kajian kedua teori tidak relevan. Namun, bisa dilakukan jika ingin menemukan teori baru sebagai perpaduan dua teori.

Seusai menjawab semua pertanyaan penguji, disimpulkan bahwa gagasan yang diajukan layak dikaji dengan syarat melakukan revisi untuk penyusunan proposal penelitian.

Prof. Dr. Muhammad Rapi Tang, M.S. selaku ketua prodi yang sekaligus bertindak sebagai ketua tim penguji, menyarankan kepada kandidat doktor untuk lebih memahami secara konseptual teori yang dijadikan sebagai teori utama (grand theory) kajian disertasinya.

Menurut Guru Besar FBS, mahasiswa yang dinyatakan lulus meraih status kandidat doktor akan didampingi pembimbing promotor dan kopromotor dalam penyusunan proposal penelitian disertasi.(rls)