Dukcapil Go Digital, Cetak Kartu Keluarga Bisa Cetak Mandiri

  • Whatsapp
Dukcapil Go Digital, Cetak Kartu Keluarga Bisa Cetak Mandiri

TAKALAR, UPEKS.co.id—DInas Kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) kabupaten Takalar terus melakukan berbagai upaya untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.yang lebih amanah sesuai dengan program P22 Bupati Takalar H Syamsari Kitta.

Khususnya pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK) masyarakat tidak lagi direpotkan,program kreativitas dan inovasi ini sangat simpel hanya dengan menggunakan Karta HVS warna putih berukuran A4.80 gram.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut diperkuat dengan lahirnya peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 109 tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam admintrasi kependudukan.

Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Dukcapil Kabupaten Takalar, Subair,S Sos.MM, Sabtu (22/5) mengatakan, perubahan cetak KK memudahkan warga peroleh KK, bisa dicetak di rumah saja.

“Jadi warga tidak direpotkan lagi, khususnya pada pembuatan kartu keluarga.masing bisa dilakukan di rumah atau bisa juga di kantor Dukcapil Kabupaten Takalar,”ujarnya.

Lanjut Subair, dalam mencetak KK, ada syaratnya dan ketentuan agar nanti tidak salah cetak, efektif dari cetak KK tersebut, terhitung 1 Juli 2020, (Kartu Keluarga dan kutipan pencatatan sipil).

“Kertas yang digunakan mencetak kartu keluarga yakni menggunakan kertas putih HVS A4 80 gram,karena dokumen tersebut asli karena memilki barcode atau tanda tangan elektronik,’”ujarnya.

Pelayanan Dukcapil Takalar memang kita selalu berinovasi dan memberikan terbaik kepada masyarakat Takalar, selama ini jika ingin mengurus dan cetak KK bisa dilakukan secara mandiri atau Tidka ke kantor Dukcapil lagi.

“Walaupun sudah bisa cetak mandiri atau dirumahnya masing pihak Dukcapil masih tetap terima pelayanan kepada masyarakat yang mengurus KK atau yang laiannya.”ujarnya.

Apalagi saat ini tengah covid 19 dilarang berkumpul,tentunya dengan pelayanan pembuatan KK bisa dilakukan secara mandiri masing masing dirumah.

“Artinya kita sudah membantu atau mensupport pemerintah untuk memutus penyebaran virus covid 19,yang hampir dua tahun berlangsung secara mengglobal.”terangnya.