Sinergitas Pemda – TNI Dukung Kemajuan Pembangunan Daerah

  • Whatsapp
Sinergitas Pemda - TNI Dukung Kemajuan Pembangunan Daerah

GOWA, UPEKS.co.id—Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berharap hubungan silaturahmi dan sinergitas Pemkab Gowa dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terutama TNI tetap terjaga dengan baik.

Di Kabupaten Gowa, kata Adnan sinergitas antara Forkopimda terutama Kodim 1409 Gowa sudah berjalan sangat baik.

Bacaan Lainnya

Hal ini terlihat dari perhelatan pesta demokrasi beberapa waktu lalu yang berjalan aman lancar.

“Di Kabupaten Gowa ini Forkopimda dengan pemerintah bukan lagi berpartner secara formal tetapi kita membangun hubungan kekeluargaan. Sehingga membuktikan kita di Kabupaten Gowa aman-aman saja,” kata Adnan dalam sambutannya pada Ramah Tamah Pangdam XIV Hasanuddin dengan Forkopimda dan Tokoh
Masyarakat Kabupaten Gowa di Aula Makodim 1409 Gowa, Senin (3/5/2021).

Lanjut orang nomor satu di Gowa, kemajuan suatu daerah, bangsa dan negara juga ditentukan dari keamanannya.

Menurutnya, jika suatu daerah aman maka yakin dan percaya daerah tersebut akan jauh lebih baik di masa yang akan datang.

“Oleh karena itu, kami mengucapkan terimakasih kepada bapak Panglima dan seluruh jajaran bersama Kodim 1409 Gowa mudah-mudahan silaturahmi dan hubungan yang sudah baik ini mampu kita jaga dan tingkatkan di masa yang akan datang,” lanjut Adnan.

Selain itu, Adnan juga mengungkapkan bahwa pencapaian yang diraih Kabupaten Gowa selama ini tentu tidak terlepas dari dukungan Forkompinda dimana didalamnya ada TNI. Dirinya menyebutkan saat ini Pemerintah Kabupaten Gowa sudah mendapatkan 122 penghargaan baik nasional maupun daerah.

“Kami salah satu Kabupaten di Sulawesi Selatan yang pertumbuhan ekonominya tidak minus. Kami tetap tumbuh positif 1,7 persen, sehingga itulah yang menjadi kekompakan Forkopimda,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Adnan juga menyampaikan bahwa masyarakat Gowa sangat bersyukur dengan pergantian nama Kodam VII/Wirabuana menjadi Kodam XIV Hasanuddin. Karena nama Kodam XIV Hasanuddin menjadi ciri khas kebanggaaan masyarakat Kabupaten Gowa.

“Dimana Sultan Hasanuddin itu merupakan ciri khas, jati diri, gengsi dan martabat orang Gowa. Orang mengetahui Sultan Hasanuddin merupakan Ayam Jantan dari Timur yang tidak pernah kenal takut pada siapapun juga. Dan kami yakin begitu Kodam berubah nama menjadi Hasanuddin, Insya Allah seluruh prajurit Kodam akan berani seperti Sultan Hasanuddin,” tandasnya.

Sementara itu, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas dukungannya selama ini terhadap Kodim 1409 Gowa, salah satunya dengan mendirikan Asrama.

Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno berharap terus mendapat dukungan dari Pemerintah dan tokoh masyarakat Kabupaten Gowa agar dirinya dan prajurit-prajurit Kodam XIV Hasanuddin bisa menjalankan tugas dengan baik terutama yang bertugas di Kabupaten Gowa.

“Dari Gowa sampai Maros itu ada satuan-satuannya, markas Divisinya ada di Gowa. Olehnya itu mohon titip prajurit saya di sini, Angkatan Darat yang bertugas di Kabupaten Gowa,” harapnya.

Selain itu, dirinya berharap karakter yang ada pada diri Sultan Hasanuddin bisa menjadi karakter seluruh Prajurit Kodam XIV Hasanuddin. Karakter pemberani, tidak mengenal takut yang ada pada Sultan Hasanuddin ini diharapkan bisa menjadi karakter Prajurit Kodam XIV Hasanuddin.

“Karakter Sultan Hasanuddin ini merupakan karakter orang Gowa. Jadi Prajurit Kodam XIV Hasanuddin ini sama karakternya dengan masyarakat Gowa,” tambahnya.

Turut hadir dalam Ramah Tamah ini, Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh Muhammad Suaib, Kapolres Gowa, AKBP Budi Susanto, Ketua Pengadilan Negeri Sungguminasa Agung Sulistiono, Kepala Kejaksaan Negeri Gowa, Yeni Andriani, Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Rafiuddin, Ketua Pengadilan Agama Sungguminasa, Hj. Martina Budiana Mulya, sejumlah tokoh masyarakat, agama dan tokoh pemuda. (Sofyan).