Ir Fajar Sebut Program Asbatik Hasilkan Nilai Tambah bagi Masyarakat

  • Whatsapp
Ir Fajar Sebut Program Asbatik Hasilkan Nilai Tambah bagi Masyarakat

SOPPENG, UPEKS.co.id — Pencanangan program Asbatik (Ase, Bale, Itik) dipusatkan di Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng.

Program Asbatik ditandai dengan pelepasan Ikan dan Itik dipersawahan BPP Kecamatan Liliriaja dan dilanjutkan penanaman tanaman Hidroponik.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng, Ir Fajar menyampaikan bahwa program yang digagas di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) jika semua berjalan baik, maka akan menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat.

“Program Asbatik dan tanaman Hidroponik ini akan memberi nilai tambah bagi petani,” kata Ir Fajar.

Bupati Soppeng dalam arahannya bahwa Pencanangan Asbatik ini adalah niat dan tujuan yang akan kita capai bersama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Analisa ekonomi juga perlu dilakukan, karena ini akan menjadi modal besar untuk pertumbuhan ekonomi di soppeng ini, termasuk dengan pasca panen nya agar menjadi program yang membanggakan.

Selain itu, perencanaannya agar dilakukan dengan maksimal, schedule yang jelas untuk meminimalisir biaya dan nilai tambahnya jelas.

Persoalan dengan biaya, kami akan bicarakan dengan Perbankan selama analisis usahanya jelas dan ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian serius, yang harus dipromotori seperti budaya kolam sawah yang saat ini mulai ditinggalkan.

“Persoalan bibit dan anggaran biarlah Pemerintah yang memikirkan,” ujarnya.

“Saya berharap agar niat baik Pemerintah ini jangan disalahgunakan, dan program asbatik ini dapat menjadi kebanggaan di masyarakat,” tutupnya. (Min)

Pos terkait