Isra Miraj, Rektor UMI: Pentingnya Reflleksikan Makna Salat dalam Keseharian

  • Whatsapp
Isra Miraj, Rektor UMI: Pentingnya Reflleksikan Makna Salat dalam Keseharian

MAKASSAR.UPEKS.co.id—UMI gelar peringatan Isra Miraj1442 Hijriah/ 2021 M secara virtual, Rabu (10/3/2021). Hikmah Maulid disampaikan, Dr. Ir. Abdul Haris, SP., MP, Dekan Fakultas Pertanian UMI.

Rektor UMI Prof Basri Modding dalam sambutannya menekankan, salah satu tujuan penting menjalankan salat perbaiki hubungan manusia dengan mansuia dan hubungan manusia dengan Allah.

Bacaan Lainnya

Merefleksikan Isra Miraj ini dengan aktivitas kita. Memaknai intinya bagaimana kita membiasakan salat sebagai perpaduan hablu minannas dan hablu minallah, kata Prof Basri Modding.

Mantan Direktur PPs UMI ini juga berpesan agar civitas akademika UMI untuk senantiasa memelihara ibadahnya dengan baik dan senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT melalui salat.

“Hikmah isra, meneladani dan menjalankan apa yang dirintis nabi SAW, karena mengandung nilai penting harus dipedomani,” ujarnya.

Dalam peringati hari besar Islam yang sudah menjadi tradisi di UMI ini, Mokhtar Noer Jaya menekankan pentingnya perhatikan kualitas ibadah. Salah satunya salat.

“Yang harus diiperhatikan, kualitas shalat kita semua. Kualitasnya tercermin dalam kehidupan kita sehari-hari dalam menjalankan aktivitas kehidupan,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Pembina YW UMI Prof Mansyur Ramli menyebutkan, peristiwa Isra Miraj ini adalah sejarah yang luar biasa. Meskipun para ulama sampai saat ini masih mendiskusikan apakah ini perjalanan rohani atau juga dengan jasad rasulullah.

“Namun yang paling penting, salah satu oleh-oleh dari peristiwa ini adalah perintah mendirikan salat,” tuturnya.

Ketua Panitia Peringatan Isra Mi’raj, Dr. Ishaq Shamad,MA menyampaikan peringatan Isra Mi’raj di lingkup UMI merupakan acara yang rutin digelar setiap tahunnya sebagai salah satu perwujudan integrasi ajaran Agama Islam bagi civitas akademika UMI.

“Tentu melalui momentum isra mi’raj hendaknya senantiasa kita tingkatkan salat, agar integrasi keislaman semakin kuat. Lebih penting kita doakan kemajuan UMI ke depan,” ujarnya. (rls).

Pos terkait