ANEKA

Parkir Sembarangan, Satlantas dan Dishub Gowa Gembok Puluhan Kendaraan

Parkir Sembarangan, Satlantas dan Dishub Gowa Gembok Puluhan Kendaraan

GOWA, UPEKS.co.id– Puluhan kendaraan yang parkir sembarangan di sepanjang jalan Usman Salengke, Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa terpaksa di gembok dan dikempesi bannya oleh petugas gabungan dari Satlantas Polres Gowa dan Dishub Gowa.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Gowa, Opda H. Misbar mengatakan tindakan tegas yang dilakukan ini memberikan rasa nyaman dan aman kepada pengguna jalan atau pengendara saat melintas disepanjang jalan Usman Salengke.

“Tindakan ini sebagai bentuk efek jera kepada pengendara yang memarkir kendaraannya di badan jalan yang dapat mengakibatkan kemacetan dan kecelakaan lalulintas (Lakalantas),”jelasnya, saat penertiban di jalan Usman Salengke, Kamis (11/2/2021).

Ia mengungkapkan, sebelum penggembokan serta pengempesan ban mobil, petugas Satlantas Polres Gowa telah memasang pamflet dan spanduk bertuliskan teguran keras tentang pelanggaran parkir.

Dasarnya, Pasal 287 Ayat (1) Jo pasal 106 Ayat (4) Huruf a dan b: melanggar aturan pemerintah atau larangan yang dinyatakan oleh
rambu lalulintas atau Marka dapat dikenakan sanksi denda Maksimal Rp. 500.000,00.

Namun masih ada saja kendaraan roda empat yang tidak mengindahkan teguran sehingga dilakukan tindakan
penggembok dan mengempeskan ban mobil yang melanggar.

Kasat Lantas Polres Gowa AKP Mustari, menambahkan, Ruas Jalan Usman Salengke harus steril dan lancar. Olehnya itu satlantas polres gowa melakukan tindakan tegas kepada pengendara yang memarkir sembarangan.

” Mudah-mudahan dengan penindakan gembok dan pengempesan ban mobil ini masyarakat Gowa semakin peduli untuk parkir mobil dan motor lebih tertib lagi. Pemasangan gembok dan pengempesan ban mobil merupakan tindakan tegas, jika nantinya masih banyak mobil yang diparkir sembarangan pada ruas jalan tersebut maka kami akan melakukan upaya menderek kendaraan tersebut dan melakukan penyitaan,”terang AKP Mustari.

Dalam penertiban parkir liar tersebut tim dari Satlantas dan Dishub Gowa berhasil menggembok 25 kendaraan. (Sofyan).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top