ANEKA

Narasumber Pelatihan DAM, Ini Pesan Dr Ilham Kadir

Narasumber Pelatihan DAM, Ini Pesan Dr Ilham Kadir

ENREKANG, UPEKS.co.id —Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Enrekang mengadakan acara Darul Arqam Madya (DAM) di Gedung SKB, Batili, Enrekang selama enam hari (14-20/2/2021).

DAM kali ini mengusung tema, “Rekonstruksi Leadership Kader Sebagai Wujud Eksistensi Menuju IMM Berdiaspora”.

Acara DAM hari ini, (16/2/2021) menghadirkan Dr Ilham Kadir sebagai narasumber dari materi “Al-Quran Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan”.

Dalam pemaparannya, Pimpinan Baznas Enrekang ini menekankan bahwa Al-Quran pada dasarnya hanya mengabarkan kebenaran secara universal. Sebab fungsi utamanya sebagai hudan linnas,
atau petunjuk bagi seluruh manusia.

“Karena itu Al-Quran selalu relevan, misalnya ketika berbicara hukum, ada aturan dasarnya, tegakkan keadilan walau itu keluargamu sendiri, dan jangan karena kedekatanmu pada suatu kaum membuat kamu tidak berbuat adil,” papar Dosen Unimen ini.

Narasumber Pelatihan DAM, Ini Pesan Dr Ilham Kadir

Demikian pula ketika berbicara tentang sains, hanya menyampaikan yang pokok-pokok saja, seperti manusia diciptakan dari “‘alaq” berdasarkan firman Allah Surah Al-‘Alaq atar ke-2. Juga ketika berbicara masalah langit, galaksi, tumbuhan, dan semisalnya. Semua disinggung secara umum agar tetap relevan sepanjang zaman.

“Tugas kita sekarang adalah mengkaji isi Al-Quran, didahului dengan membaca dengan sempurna, menghafal, dan mengerti arti dan maksudnya,” papar Ilham.

Guru pelajaran Fikih Zakat Pesantren Darul Falah ini memberikan motivasi kepada peserta DAM agar memulai hari dengan tilawah Al-Quran.

“Mulailah hari kita dengan membaca Al-Quran, supaya hidup kita berkah. Sebagai anak IMM dan alumni DAM, harus jadi contoh pada keluarga, teman, tetangga dalam membaca dan mengamalkan Al-Quran”, tutup Alumni Pascasarjana UIKA ini.(Sry)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top