Axiata Hadirkan “XL Smart Hydroponics” Solusi IoT Urban Farming

  • Whatsapp
Axiata Hadirkan “XL Smart Hydroponics” Solusi IoT Urban Farming

Axiata Hadirkan “XL Smart Hydroponics” Solusi IoT Urban Farming

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Salah satu solusi berbasis Internet of Thing (IoT) yang saat ini PT XL Axiata Tbk (XL  Axiata) terus kembangkan ditujukan untuk melayani pelaku industri pertanian, termasuk urban farming. Solusi  precision farming tersebut diberi nama “XL Smart Hydroponics”.

Bacaan Lainnya

Sesuai namanya, solusi ini dibangun untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian yang menggunakan  teknik hidroponik. Penggunaan solusi berbasis IoT ini terbukti berhasil mampu meningkatkan produktivitas petani  hingga lebih dari dua kali lipat. Pengembangan layanan inovatif berbasis IoT ini merupakan bagian dari  transformasi digital yang sedang XL Axiata jalankan.

Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, mengatakan, “Bertani dengan menggunakan teknik  hidroponik harus memperhatikan sejumlah hal penting, seperti antara lain pemantauan dan penyesuaian secara  berkala atas takaran nutrisi, suhu air dan udara, serta tingkat keasaman (pH) air yang akan digunakan.

Hal-hal tersebut sangat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman. Namun, seringkali pengukuran yang  kurang akurat dan tidak dilakukan secara rutin sehingga pengendalian nutrisi menjadi kurang maksimal.

Akibatnya  pertumbuhan tanaman juga tidak seperti yang diharapkan. XL Smart Hydroponics ini dirancang untuk menjadi
solusi atas permasalahan tersebut.”

Feby memaparkan, XL Smart Hydroponics memiliki all in one system atau sistem yang telah terintegrasi, baik  terhadap kinerja sensor, aktuator, konektivitas, platform dan aplikasi.

Solusi ini telah dilengkapi dengan display touch screen dan didukung oleh Graphical User Interface (GUI) yang  mudah digunakan.

Dengan solusi ini petani bisa memantau secara real-time dan optimalisasi secara otomatis atas  parameter-parameter yang mempengaruhi kondisi tanaman.

Teknologi ini akan mendemokratisasi teknologi dan membantu urban farmer untuk memiliki sistem hidroponik yang  baik dalam rangka mewujudkan swasembada pangan.

XL Smart Hydroponics ini telah diimplementasikan tahun ini oleh Kebun Gizi Hidroponik Baitul Maal Hidayatullah  (BMH) di Depok, Jawa Barat. Solusi ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas rata-rata lebih dari dua kali  lipat.

Sebelumnya, tanpa menggunakan alat ini, pengukuran nutrisi untuk tanaman dilakukan secara manual sehingga  terdapat kecenderungan terjadi ketidakakuratan pengukuran dan keterlambatan penambahan nutrisi.

Hal ini  menyebabkan pertumbuhan tanaman kurang konsisten dan mempengaruhi produktivitas.

Fungsi utama dari XL Smart Hydroponics adalah pemantauan kondisi udara, air, dan pengontrolan nutrisi air  secara otomatis.

Kondisi udara di sekitar tanaman akan di monitor untuk menjaga kondisi ideal untuk tanaman.  Tangki air yang berisi nutrisi dipasang beberapa sensor yang akan mengukur berbagai parameter terkait,  kemudian data-data ini akan diolah dalam system dan pompa sebagai aktuator yang akan menginjeksi nutrisi  secara otomatis sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Pengembangan machine learning, sensor, dan aktuator
lainnya dapat menambah keunggulan serta mempertajam hasil analisis dan prediksi.

Untuk mempermudah pelaku usaha, termasuk kalangan UMKM, bisa memanfaatkan solusi IoT guna  meningkatkan produktivitas, XL Axiata memiliki laboratorium pengembangan solusi berbasis IoT bernama “X-  Camp”.

Di tempat ini kebutuhan para klien sebagai pengguna akan dituangkan menjadi suatu perangkat berbasis IoT yang  bisa dioperasikan sesuai dengan yang diharapkan. Setiap perangkat IoT dibangun di atas platform “flexIoT” milik  XL Axiata. Platform ini merupakan unified full-stack platform yang dapat diintegrasikan dengan mudah dengan  sistem lain dan memberikan keutuhan dalam layanan.

XL Axiata memperkuat komitmen untuk selalu mendukung pembangunan nasional melalui bidang telematika,  termasuk dengan mendorong pemanfaatan layanan-layanan inovatif, termasuk IoT untuk memajukan dunia usaha  termasuk di kalangan UMKM.

Menginjak usia yang ke-24 tahun berkiprah sebagai operator telekomunikasi dan data di Indonesia, XL Axiata  menyadari sepenuhnya atas urgensi bidang telematika yang digeluti sebagai salah satu penopang utama  percepatan pembangunan nasional. Karena itu, manajemen XL Axiata akan terus selalu menyelaraskan
kepentingan usaha dengan dukungan kepada visi pembangunan yang dijalankan pemerintah. (rls).

Pos terkait