6.000 Lebih Kertas Surat Suara Pilkada Gowa Rusak

  • Whatsapp
6.000 Lebih Kertas Surat Suara Pilkada Gowa Rusak

6.000 Lebih Kertas Surat Suara Pilkada Gowa Rusak

GOWA, UPEKS.co.id—Sebanyak 6.000 kertas surat suara pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gowa  ditemukan rusak.

Bacaan Lainnya

Kertas surat suara yang rusak tersebut ditemukan saat proses penyortiran yang dilakukan Komisi Pemilihan umum  (KPU) Gowa sejak Minggu 22 November hingga Rabu 25 November 2020.

“Selama penyortiran hingga hari ini, kurang lebih 6.000 kertas surat suara yang ditemukan rusak,” kata Ketua KPU  Gowa Muhtar Muis saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Muhtar Muis menyebutkan, kertas surat suara yang ditemukan berkategori rusak ini adalah karena lembar surat  suaranya terpotong, sobek, hingga terdapat noda tinta dan gradasi warna pada gambar.

Untuk proses sortir sendiri lanjut Muhtar ditargetkan selesai pada hari ini. “Kita targetkan hari ini selesai. Paling  lambat besok,” ujarnya.

Sekedar diketahui, petugas yang dilibatkan melakukan penyortiran ditargetkan 135 petugas sortir. Namun kata  Muhtar, untuk menghindari kerumunan, pihaknya membagi dua shift bagi petugas.

“Kita bagi dua shift. Ada yang bertugas pagi sampai sore dan sore sampai malam,” kata Muhtar.

Muhtar Muis menyebutkan, untuk jumlah keseluruhan kertas surat suara yang diterima KPU Gowa di Pilkada tahun  ini sebanyak 545.921 termasuk 2000 lembar untuk PSU.

“Yang akan kita lipat itu sebanyak 543.921,” pungkasnya. (Sofyan)

Pos terkait