MAKASSAR CITY

Respons Pernyataan Walhi, Aktivis Bumi Lestari Angkat Bicara

Respons Pernyataan Walhi, Aktivis Bumi Lestari Angkat Bicara

 

Makassar, Upeks.co.id–Mengomentari pemberitaan sebelumnya soal “dampak tambang pasir laut terhadap lingkungan, pulau Kodingareng yang kian ‘dipanasi’ oleh pihak tertentu maka, salah satu dari Aktivis Bumi Lestari, Omar, turut bersuara.

Menduga itu boleh, tapi jangan menuduh. Mengatakan orang lain bersalah tanpa adanya fakta yang mendukung akan mengarah kepada fitnah, Pasal 310 ayat (1) KUHP serta Pasal 312 dan 316 KUHP, orang yang dituduh tersebut sama sekali tidak melakukan kesalahan apalagi jika, sampai menuduh seorang Gubernur Sulawesi Selatan secara tidak senonoh, dalam aktifitas tambang pasir laut di Takalar. Tegasnya.

Lebih baik, pahami dulu bagaimana proses terjadinya dengan detail, lalu tampilkan dengan runut secara ilmiah, dari data yang akurat, menggunakan alat analisis yang bisa divalidasi dan dapat dipertanggung jawabkan, bila bersumber dari laboratorium maka, Lab. tersebut harus terakreditasi. Sehinggah, masyarakat bawah tidak disuguhi informasi prematur dan cenderung provokasi.

Jangan asal memperkirakan dan sembarang mengaitkan karena cara seperti itu, anak SD pun bisa alias mengarang bebas. Di ranah publik, resikonya terlalu besar sebab bisa memicu konflik horisontal. Apalagi bila memang sengaja menjadikan rakyat kecil sebagai nilai jual, bahkan mungkin menjadi umpan dan untuk tameng hidup. Imbuh Omar.

Lagi pula pak Gubernur telah mengaku, Pemerintah tidak akan pernah merugikan masyarakat.

Silahkan saja bila ingin menjadi wadah penyuara atau penyeimbang, bagi komponen masyarakat untuk berbakti kepada negara dan bangsa namun tetap, mengedepankan watak dan moral yang beradab dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia. Tolong diingat baik-baik. Jangan sekali-kali berlindung di balik kata ikhlas berjuang padahal, mengorbankan bahkan, membuat rakyat pesisir sebagai tumbal demi kepentingan pribadi atau kelompok anda. Pungkasnya.(rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top