Kemenag Takalar,Hadiri Kunker Komisi VIII DPR RI di Asrama H Sudiang

  • Whatsapp
Kemenag Takalar,Hadiri Kunker Komisi VIII DPR RI di Asrama H Sudiang

Kemenag Takalar,Hadiri Kunker Komisi VIII DPR RI di Asrama H SudiangTAKALAR,UPEKS.co.id—Kepala Kantor Kementerian agama Takalar H.Junaidi Mattu menghadiri Kunjungan
Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI di asrama haji sudiang Makassar Kamis 27/8/2020.

Kunjungan kerja Komisi VIII dalam rangka Dampak Covid-19 terhadap Pelayanan Haji dan Peningkatan Peran UPT  Asrama Haji di provinsi Sulawesi Selatan.

Bacaan Lainnya

Ketua Komisi VIII DPR RI, H. Yandri Susanto mengaku resah dengan waiting list CJH Indonesia yang semakin  panjang khususnya di.Sulsel.

“Ibadah haji itu adalah ibadah pisik, sehingga usia 65 sampai 70 tahun yang masuk daftar tunggu itu sangat riskan  dan beresiko, makanya program haji muda dilaunching sebagai solusinya”, ujar Yandri Susanto.

Mengenai pembatalan ibadah haji oleh Kemenag RI tahun ini, Yandri mengungkapkan bahwa skema pemberangkatan haji tahun depan masih terus digodok, apakah akan memberangkatkan semua CJH tahun 2020  yang telah mendapatkan nomor porsi atau ditambah dengan CJH tahun 2021 terutama.yang berusia 65 atau 70  tahun ke atas.

“Ini akan kita data CJH yang berusaia diatas 65 tahun, dan kita akan mengusulkan kepada pemerintah Arab Saudi  untuk penambahan kuota dari 210 ribu menjadi 230 ribu jemaah”, ucapnya.

Kita buat skemanya dulu, kata Yandri Susanto, karena menurutnya pandemi covid 19 ini tidak ada yang bisa  prediksi kapan akan berakhir.

“Jika vaksin corona sudah bisa diproduksi massal pada bulan Februari nanti, belum jadi jaminan Indonesia bebas  covid karena menurut informasi virus corona ini ada 8 jenis sehingga vaksinya pun belum pasti sama untuk semua  negara”, tuturnya menambahkan.

Sebelumnya,Kakanwil Kemenag Sulsel H.Anwar Abubakar menyoal tentang panjangnya daftar tunggu Calon  Jemaah Calon (CJH) Sulawesi Selatan yang telah mencapai angka 229.345 orang.

“Jika dibandingkan dengan kuota haji Sulsel yang hanya 7272 orag tahun ini, maka waiting list CJH Sulsel telah  mencapai 41 tahun lamanya. Mungkin ini daftar tunggu terlama di Indonesia”, ungkap Kakanwil.

Anggota Komisi VIII DPR RI yang turut serta dalam kunjungan ini diantaranya, H. Samsu Niang, H. Arwan M.Aras,  H.Jefry Romdonny,  H. Satori dan H. Hasani Bin Zuber Anggota, serta Ashabul Kahfi, M.Ag dari Komisi IX DPR RI.

Juga tampak hadir Yusuf Kamaluddin, Sekretariat Komisi VIII DPR RI dan Adi wicaksono, tenaga ahli Komisi VIII  DPR RI.

Pejabat eselon dua dan tiga Kemenag Sulsel yang hadir diantaranya Kabag TU H.Faturrahman dan Kabid PHU  Dr.Kaswad Sartono, Kabid Penaiszawa H.Rappe, Kabid Penmad H.Masykur, Kepala UPT Asrama Haji Sudiang  Makassar M.Iqbal serta para Kakak Kemenag bersama Kasi PHU Kab./ Kota se Sulsel. (Jahar)

Pos terkait