Chika, Solusi Informasi JKN-KIS yang Praktis

  • Whatsapp
Chika, Solusi Informasi JKN-KIS yang Praktis

Chika, Solusi Informasi JKN-KIS yang Praktis

Ambon, Upeks.co.id – Saat ini masyarakat diimbau untuk diam di rumah dan melakukan physical distancing guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Hal tersebut membuat akses masyarakat terbatas, namun hal itu tidak dirasakan oleh peserta dan calon peserta JKN-KIS. Dalam upaya meningkatkan mutu layanan dan memberikan kemudahan peserta untuk mendapatkan informasi JKN-KIS, saat ini BPJS Kesehatan telah melakukan pengembangan kanal pemberian informasi kepada calon peserta maupun peserta JKN-KIS yang dapat diakses secara mandiri sehingga peserta tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Salah satu bentuk inovasi BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses informasi kepada peserta adalah Chat Assistan JKN (CHIKA). CHIKA merupakan layanan dalam bentuk chatbot, atau layanan informasi yang secara otomatis direspon oleh sistem. CHIKA dapat diakses melalui media sosial BPJS Kesehatan seperti Facebook Messenger http://www.facebook.com/BPJSKesehatanRI/, Telegram http://t.me/BPJSKes_bot dan Whatsapp melalui nomor handphone 08118750400.

“Dengan CHIKA, peserta cukup mengaksesnya di rumah saja melalui smartphone untuk mendapatkan informasi JKN-KIS,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon Heppy Serta Rumondang Pakpahan, Jumat (15/05).

Mondang juga menjelaskan fitur layanan informasi apa saja yang dapat di akses melalui CHIKA, di antaranya cek status peserta, cek tagihan iuran, info fasilitas kesehatan, info kantor cabang BPJS Kesehatan, registrasi peserta, serta perubahan data peserta.

Tami (27), seorang peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), mengaku sangat terbantu layanan CHIKA dengan keterbatasan waktunya sehari-hari, terlebih dalam kondisi physical distancing saat ini. Ia menceritakan bahwa layanan CHIKA sangat mudah diakses.

“Kita tahu di era sekarang ini rata-rata setiap orang memiliki smartphone/Whatsapp. Layanan CHIKA sangat membantu sekali karena praktis digunakan. Cukup ketik menu nanti muncul pilihan informasi yang diinginkan. Saya akses melalui aplikasi Whatsapp untuk cek tagihan sebelum membayar iuran bulanan untuk memastikan jumlah tagihan iuran BPJS Kesehatan,” ungkapnya. (Jamkesnews)

Pos terkait