Chika, Sahabat Baru Peserta JKN-KIS

  • Whatsapp
Chika, Sahabat Baru Peserta JKN-KIS
Narasumber : Intan
Chika, Sahabat Baru Peserta JKN-KIS
Narasumber : Intan

Kendari, Upeks.co.id – Sebagai upaya meningkatkan mutu layanan dan memberikan kemudahan peserta dalam mendapatkan informasi Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan melakukan pengembangan kanal pemberian informasi yang dapat diakses secara mandiri oleh peserta JKN-KIS. Salah satu inovasi terbaru BPJS Kesehatan adalah Chat Assistant JKN (Chika). Chika merupakan layanan dalam bentuk chatbot atau layanan informasi dan pengaduan yang secara otomatis direspon artificial intelligence/sistem.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Kendari Barlianta Shaleh menyampaikan bahwa Chika dapat diakses melalui media sosial seperti Facebook Messenger http://www.facebook.com/BPJSKesehatanRI/, Telegram http://t.me/BPJSKes_bot dan Whatsapp melalui nomor 08118750400.

Bacaan Lainnya

“Aplikasi ini diharapkan semakin memudahkan peserta JKN-KIS karena zaman sekarang ini hampir semua kalangan memiliki media sosial seperti facebook, whatsapp atau telegram. Aplikasi ini dapat membantu peserta JKN-KIS untuk mengecek status kepesertaan, tagihan peserta, lokasi fasilitas kesehatan, lokasi kantor BPJS Kesehatan, serta melakukan registrasi peserta dan perubahan data peserta,” kata Barlianta saat dihubungi tim Jamkesnews, Jumat (29/05) .

Lebih lanjut Barlianta meminta agar peserta JKN-KIS dapat proaktif dalam memaksimalkan kanal-kanal informasi yang telah tersedia.

“Dengan tambahan media informasi baru ini, tentu akan menambah pilihan kanal informasi peserta selain aplikasi Mobile JKN dan Care Center 1500 400 yang lebih dulu ada. Saya berharap agar peserta JKN-KIS dapat memaksimalkan kanal-kanal informasi yang telah dikembangkan. Dengan begitu, peserta akan lebih mudah mendapatkan layanan informasi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan,” jelas Barlianta.

Intan (22), salah seorang peserta mandiri yang telah memanfaatkan layanan Chika melalui Whatsapp, mengaku merasa tidak kesulitan dalam mengakses layanan Chika.

“Hari ini saya ke kantor BPJS Kesehatan untuk cek tagihan kemudian saya diinformasikan untuk gunakan layanan Chika dan kebetulan saya langsung coba. Ternyata untuk mengaksesnya sangat mudah dan cepatSaya berharap BPJS Kesehatan selalu memberikan inovasi-inovasi untuk kemudahan peserta,” ujar Intan. (Jamkesnews)

Pos terkait