JKN-KIS Buat Ratna Tak Bebani Orang Tua 

  • Whatsapp
JKN-KIS Buat Ratna Tak Bebani Orang Tua 
Narasumber : Ratna Patria Candra
JKN-KIS Buat Ratna Tak Bebani Orang Tua 
Narasumber : Ratna Patria Candra

Makassar, Upeks.co.id — Bersyukur. Itulah hal yang dirasakan Ratna Patria Candra (24) pada saat mengetahui bahwa segala pengobatan kelenjar tiroid yang dilaluinya dijamin oleh BPJS Kesehatan. Ratna yang bersatus sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kota Makassar ini awalnya mengaku sempat enggan menjalani pengobatan karena takut membebani orang tuanya di kampung.

“Tapi ternyata seluruh biaya pengobatan bahkan sampai operasi saya semuanya dijamin. Padahal tadinya sempat was-was, takut membebani orang tua. Apalagi umur saya yang sudah lewat 21 tahun takut sudah tidak dijamin, tapi ternyata alhamdulillah saya masih dijamin karena masih berstatus mahasiswa. Selama pengobatan tersebut juga tidak ada biaya sama sekali yang saya dan keluarga keluarkan. Bahkan pelayanannya pun sangat baik,” tutur Ratna kepada Jamkesnews, Jumat (10/04).

Bacaan Lainnya

Ratna yang merupakan tanggungan sebagai anak pertama dari peserta segmen Penerima Upah (PPU) ini juga menambahkan bahwa seluruh adik-adiknya yang tidak masuk tanggungan oleh ayahnya, telah didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang lebih dikenal dengan sebutan peserta JKN-KIS mandiri.

“Dulu pandangan saya terhadap Program JKN-KIS biasa-biasa saja. Tapi orang tua saya menganggap bahwa seluruh anak-anaknya harus terdaftar dalam Program JKN-KIS karena hal tersebut sangatlah penting. Kini saya pun mengerti bahwa menjadi peserta JKN-KIS memang begitu besar manfaatnya. Mungkin jika pengobatan saya yang kemarin tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan pasti orang tua saya akan pusing memikirkan biayanya lagi,” cerita Ratna.

Di akhir perbincangan, Ratna juga mengungkapkan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan yang dinilainya begitu perhatian dengan pesertanya. Hal ini Ratna ungkapkan karena pada saat ia menjalani rawat inap di rumah sakit, ada petugas BPJS Kesehatan yang berompi kuning (Petugas BPJS SATU!) datang menjenguknya.

“Petugas tersebut sangat ramah dan ingin memastikan bahwa pelayanan yang saya dapatkan baik, serta tidak ada biaya yang pernah saya keluarkan selama memanfaatkan kartu JKN-KIS. Mudah-mudahan Program JKN-KIS ini terus ada dan pelayanan di fasilitas kesehatan pun bisa semakin ditingkatkan,” harap Ratna. (Jamkesnews)

Pos terkait